Wisata Gunung Kelud Kediri: Menikmati Keindahan Alam Yang Memukau

Wisata Gunung Kelud Kediri: Menikmati Keindahan Alam Yang Memukau
Wisata Gunung Kelud Kediri Kreatifitas

Pengantar

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut dan sudah meletus sebanyak 30 kali sejak tahun 1000 Masehi. Namun, meskipun memiliki sejarah erupsi yang cukup panjang, Gunung Kelud juga menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Kediri. Berikut ulasan lengkap tentang wisata Gunung Kelud Kediri.

Kelebihan Wisata Gunung Kelud Kediri

Salah satu kelebihan wisata Gunung Kelud Kediri adalah keindahan alamnya yang memukau. Pemandangan indah dari puncak Gunung Kelud sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu, suhu udara yang dingin dan sejuk di Gunung Kelud juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berada di tempat yang berbeda dengan kota.

Kekurangan Wisata Gunung Kelud Kediri

Namun, ada kekurangan yang perlu diperhatikan jika ingin berkunjung ke wisata Gunung Kelud Kediri. Salah satu kekurangan yang cukup mencolok adalah jalan menuju Gunung Kelud yang cukup berliku dan berbatu. Selain itu, wisata Gunung Kelud Kediri juga seringkali tutup ketika terjadi erupsi atau cuaca buruk.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Wisata Gunung Kelud Kediri

Berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di wisata Gunung Kelud Kediri, terutama bagi para pecinta alam dan petualangan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di wisata Gunung Kelud Kediri antara lain adalah:

1. Mendaki Gunung Kelud

Mendaki Gunung Kelud menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pengunjung wisata Gunung Kelud Kediri. Gunung Kelud memang memiliki rute pendakian yang cukup menantang, sehingga cocok bagi para pendaki yang ingin mencoba tantangan baru.

2. Menikmati Pemandangan dari Puncak Gunung Kelud

Jika tidak ingin mendaki Gunung Kelud, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah dari puncak Gunung Kelud. Pemandangan yang indah dan spektakuler dari atas Gunung Kelud akan membuat pengunjung terkesima.

3. Berfoto di Kawah Gunung Kelud

Kawah Gunung Kelud juga menjadi salah satu daya tarik wisata Gunung Kelud Kediri. Pengunjung dapat berfoto di sekitar kawah untuk mengabadikan momen yang berkesan selama berkunjung ke wisata Gunung Kelud Kediri.

4. Camping di Gunung Kelud

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkemah di alam bebas, wisata Gunung Kelud Kediri juga menyediakan area camping yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Wahana yang Ada di Sekitar Wisata Gunung Kelud Kediri

Selain menikmati keindahan alam dari Gunung Kelud, pengunjung wisata Gunung Kelud Kediri juga dapat mengunjungi beberapa wahana yang ada di sekitar Gunung Kelud. Beberapa wahana yang ada di sekitar wisata Gunung Kelud Kediri antara lain:

1. Taman Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Taman Wisata Air Terjun Grojogan Sewu menjadi salah satu wahana yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke wisata Gunung Kelud Kediri. Air terjun yang terletak di sekitar Gunung Kelud ini memiliki keindahan yang memukau.

2. Candi Penataran

Candi Penataran juga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Kediri. Candi yang berusia lebih dari 800 tahun ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang penting di Jawa Timur.

3. Taman Wisata Alam Lembah Kali Oya

Taman Wisata Alam Lembah Kali Oya menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan berbagai wahana yang disediakan di Taman Wisata Alam Lembah Kali Oya.

Kesimpulan

Wisata Gunung Kelud Kediri merupakan salah satu wisata alam yang menarik di Jawa Timur. Keindahan alam dan berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di wisata Gunung Kelud Kediri membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan. Meskipun memiliki kekurangan seperti jalan yang berliku dan seringkali tutup ketika terjadi erupsi atau cuaca buruk, wisata Gunung Kelud Kediri tetap layak untuk dikunjungi.