Wisata Yang Ada Di Sumatera Barat

Wisata Yang Ada Di Sumatera Barat
Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Bikin Takjub

Wisata yang Ada di Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai wisata yang ada di Sumatera Barat.

Objek Wisata

Ada banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Sumatera Barat. Salah satu yang paling terkenal adalah Danau Maninjau. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung yang terjadi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Selain Danau Maninjau, ada juga Danau Singkarak yang memiliki panorama alam yang indah.

Tidak hanya danau, Sumatera Barat juga memiliki pantai yang indah seperti Pantai Air Manis dan Pantai Carocok. Selain itu, terdapat juga objek wisata sejarah seperti Istana Pagaruyung dan Jam Gadang di Kota Bukittinggi.

Bagi pecinta olahraga air, Sumatera Barat memiliki objek wisata rafting di Sungai Batang Ombilin dan Sungai Anai. Sedangkan bagi yang suka hiking, dapat mencoba menaklukkan Gunung Marapi yang memiliki ketinggian mencapai 2.891 meter di atas permukaan laut.

Kelebihan dan Kekurangan Objek Wisata

Kelebihan

Kelebihan objek wisata di Sumatera Barat adalah keindahan alamnya yang masih asli. Selain itu, banyak objek wisata yang dapat dijangkau dengan mudah. Harga tiket masuk ke objek wisata juga tergolong murah.

Kekurangan

Kekurangan objek wisata di Sumatera Barat adalah kurangnya fasilitas yang memadai di sekitar objek wisata. Beberapa objek wisata juga sulit dijangkau karena jalan yang sempit dan berkelok-kelok.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di objek wisata Sumatera Barat. Bagi yang suka berenang, dapat menikmati keindahan pantai dan danau. Sedangkan bagi yang suka olahraga air, dapat mencoba rafting di sungai Batang Ombilin atau sungai Anai.

Bagi yang suka hiking, dapat mencoba mendaki Gunung Marapi yang memiliki pemandangan yang indah di puncaknya. Selain itu, juga dapat melakukan perjalanan sejarah dengan mengunjungi Istana Pagaruyung dan Jam Gadang di Kota Bukittinggi.

Wahana di Sekitar Objek Wisata

Di sekitar objek wisata Sumatera Barat terdapat berbagai wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Terdapat wahana permainan air di Pantai Air Manis dan Pantai Carocok. Sedangkan di Danau Maninjau terdapat wahana naik perahu dan juga olahraga air seperti jetski.

Untuk wahana yang lebih menantang, pengunjung dapat mencoba flying fox yang terdapat di beberapa objek wisata seperti Istana Pagaruyung dan Jam Gadang di Kota Bukittinggi.

Kesimpulan

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari danau, pantai, objek wisata sejarah, hingga olahraga air dan hiking. Kelebihan objek wisata di Sumatera Barat adalah keindahan alamnya yang masih asli dan harga tiket masuk yang tergolong murah. Namun, kekurangan objek wisata di Sumatera Barat adalah kurangnya fasilitas yang memadai di sekitar objek wisata.