Wisata Yang Ada Di Jawa Timur

Wisata Yang Ada Di Jawa Timur
8 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Belum Banyak Diketahui RedDoorz Blog

Wisata di Jawa Timur

Jawa Timur adalah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya dan alamnya yang memukau. Terdapat berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Jawa Timur. Dari pantai, gunung, air terjun, hingga situs sejarah, semuanya ada di sini. Berikut adalah ulasan lengkap tentang wisata yang ada di Jawa Timur.

Pantai

Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang besar. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berselancar, atau sekadar menikmati pemandangan. Kelebihan dari pantai ini adalah terdapat banyak warung dan penginapan yang murah di sekitarnya. Namun, kekurangannya adalah jalan menuju pantai yang masih kurang baik.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan jembatan kayunya yang menghubungkan tiga buah pulau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas jembatan atau bermain di pantai. Kelebihan dari pantai ini adalah pemandangan yang unik dan menarik. Namun, kekurangannya adalah biaya masuk yang cukup mahal dan ramainya pengunjung pada saat liburan.

Gunung

Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Gunung ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah. Pengunjung dapat melakukan pendakian atau menjelajahi kawasan sekitar. Kelebihan dari gunung ini adalah pemandangan yang spektakuler dan udaranya yang sejuk. Namun, kekurangannya adalah sulitnya akses dan ramainya pengunjung pada saat liburan.

Gunung Ijen

Gunung Ijen terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini terkenal dengan kawahnya yang memiliki air berwarna biru kehijauan dan api biru di dalamnya. Pengunjung dapat melakukan pendakian atau sekadar menikmati pemandangan. Kelebihan dari gunung ini adalah keindahan kawah dan fenomena api biru yang unik. Namun, kekurangannya adalah jalur pendakian yang cukup sulit dan berbahaya pada saat hujan.

Air Terjun

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini terkenal dengan ketinggiannya yang mencapai 200 meter dan keindahan alamnya yang memukau. Pengunjung dapat melakukan pendakian atau berenang di bawah air terjun. Kelebihan dari air terjun ini adalah keindahan alam yang spektakuler dan suasana yang sejuk. Namun, kekurangannya adalah jalur pendakian yang cukup sulit dan berlumpur pada saat musim hujan.

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo terletak di Batu, Jawa Timur. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang hijau dan udaranya yang sejuk. Pengunjung dapat berenang atau sekadar menikmati pemandangan. Kelebihan dari air terjun ini adalah suasana yang sejuk dan nyaman. Namun, kekurangannya adalah biaya masuk yang cukup mahal dan ramainya pengunjung pada saat liburan.

Situs Sejarah

Candi Penataran

Candi Penataran terletak di Blitar, Jawa Timur. Candi ini merupakan salah satu situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Pengunjung dapat melihat keindahan dan keunikan arsitektur candi. Kelebihan dari candi ini adalah keunikan arsitektur dan nilai sejarahnya yang tinggi. Namun, kekurangannya adalah akses yang kurang mudah dan minimnya fasilitas di sekitar candi.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di Yogyakarta, Jawa Timur. Kraton ini merupakan kediaman resmi Sultan Yogyakarta dan memiliki keindahan dan keunikan arsitektur yang menarik. Pengunjung dapat melihat benda-benda bersejarah dan budaya Jawa. Kelebihan dari kraton ini adalah nilai sejarah dan kebudayaannya yang tinggi. Namun, kekurangannya adalah biaya masuk yang cukup mahal dan ramainya pengunjung pada saat liburan.

Kegiatan dan Wahana

Selain menikmati keindahan alam dan situs sejarah, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di wisata yang ada di Jawa Timur. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah trekking, river rafting, dan snorkeling. Pengunjung dapat merasakan keseruan dan adrenalin yang tinggi saat melakukan kegiatan ini.

Terdapat pula wahana yang menarik seperti roller coaster dan wahana air di beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Pengunjung dapat merasakan sensasi yang menyenangkan dan memacu adrenalin saat menaiki wahana ini.

Kesimpulan

Jawa Timur memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Terdapat banyak tempat wisata yang menarik dan unik di sini. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan dan menikmati wahana yang seru. Namun, perlu diingat bahwa setiap tempat wisata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung memilih tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.