Wisata Tari Barong Bali: Eksotisme Budaya Bali Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Wisata Tari Barong Bali: Eksotisme Budaya Bali Yang Tidak Boleh Dilewatkan
Tari Barong Ubud Seni Budaya Bali Yang Mendunia

Pengenalan Tari Barong Bali

Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alam, budayanya yang kaya, dan keramahannya, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu objek wisata budayanya, yaitu wisata tari Barong Bali. Tari Barong Bali adalah salah satu tarian tradisional Bali yang penuh dengan pesan moral dan kearifan lokal. Tari Barong Bali mengisahkan tentang pertarungan antara Barong, seekor binatang mistis dalam kebudayaan Bali, melawan Rangda, sosok jahat dalam kepercayaan Bali. Pertarungan antara Barong dan Rangda melambangkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, serta pesan moral tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara keduanya. Tari Barong Bali biasanya dipentaskan dalam upacara keagamaan atau upacara adat di Bali.

Kelebihan dan Kekurangan Wisata Tari Barong Bali

Seperti halnya objek wisata lainnya, wisata tari Barong Bali memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum mengunjunginya. Kelebihan utama wisata tari Barong Bali adalah pengunjung dapat melihat langsung pertunjukan tari Barong Bali yang sangat eksotis dan memiliki nilai budaya yang tinggi. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kearifan lokal Bali melalui pesan moral yang disampaikan dalam tarian tersebut. Namun, ada juga beberapa kekurangan wisata tari Barong Bali. Pertama, harga tiket masuk wisata tari Barong Bali cukup mahal jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Bali. Kedua, tempat parkir yang terbatas dan jalan menuju ke lokasi yang sempit dan berkelok-kelok membuat wisata tari Barong Bali kurang ramah bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Wisata Tari Barong Bali

Meskipun wisata tari Barong Bali tidak terlalu besar dan luas, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung yang datang ke sana. Pertama, pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari Barong Bali yang sangat eksotis dan penuh pesan moral. Pengunjung juga dapat menyaksikan upacara keagamaan atau upacara adat Bali yang diselenggarakan di tempat tersebut. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan kostum Barong atau Rangda yang disediakan di lokasi wisata. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Bali seperti patung, kerajinan tangan, baju Bali, atau makanan khas Bali di toko-toko yang berada di sekitar wisata tari Barong Bali.

Wahana di Sekitar Wisata Tari Barong Bali

Tidak jauh dari wisata tari Barong Bali, terdapat beberapa wahana wisata yang dapat dikunjungi oleh pengunjung. Salah satunya adalah Pura Goa Gajah, sebuah pura yang terkenal dengan candi berukuran besar dan gua yang terdapat di dalamnya. Selain itu, terdapat juga Taman Ayun, taman yang indah dengan arsitektur ala Bali yang khas. Bagi pengunjung yang ingin mencicipi kuliner khas Bali, terdapat beberapa warung makanan di sekitar wisata tari Barong Bali yang menyajikan hidangan khas Bali seperti nasi campur Bali, babi guling, atau bebek betutu.

Kesimpulan

Wisata tari Barong Bali adalah salah satu objek wisata budaya Bali yang harus dikunjungi oleh setiap wisatawan yang datang ke Bali. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, nilai budaya dan pesan moral yang disampaikan dalam tarian tersebut sangatlah tinggi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati beberapa kegiatan dan berkunjung ke wahana-wahana wisata yang terdapat di sekitar wisata tari Barong Bali.