Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat
Lembah Harau Wisata Alam di Kelilingi Tebing yang Megah Sumatera Barat

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Pendahuluan

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Lembah Harau. Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Kota dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau dan indah. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan mempesona.

Kelebihan Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kelebihan tersebut antara lain:

1. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Salah satu kelebihan utama dari Wisata Lembah Harau Sumatera Barat adalah keindahan alamnya yang menakjubkan. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan bukit-bukit yang hijau dan lembah yang indah. Selain itu, terdapat air terjun yang cantik dan jernih yang dapat menjadi latar belakang foto yang cantik.

2. Udara yang Segar

Karena terletak di daerah pegunungan, Udara di Wisata Lembah Harau Sumatera Barat sangat sejuk dan segar. Pengunjung dapat merasakan udara yang bersih dan bebas polusi.

3. Berbagai Aktivitas Menarik

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat menyediakan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung. Mulai dari trekking, hiking, hingga panjat tebing. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersepeda atau berkuda.

Kekurangan Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung. Kekurangan tersebut antara lain:

1. Fasilitas yang Terbatas

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat masih dalam tahap pengembangan, sehingga fasilitas yang tersedia masih terbatas. Pengunjung perlu membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan alat masak jika ingin berkemah di sini.

2. Akses Jalan yang Sulit

Akses jalan menuju ke Wisata Lembah Harau Sumatera Barat masih sulit dan berliku. Jalan yang sempit dan berkelok-kelok membuat pengunjung perlu berhati-hati saat berkendara.

Kegiatan di Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Di Wisata Lembah Harau Sumatera Barat, pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan menarik. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Trekking dan Hiking

Bagi pengunjung yang suka dengan petualangan, Wisata Lembah Harau Sumatera Barat menyediakan jalur trekking dan hiking yang menantang. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil berolahraga.

2. Panjat Tebing

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat juga memiliki dinding tebing yang cocok untuk digunakan sebagai tempat panjat tebing. Bagi pengunjung yang suka dengan olahraga ekstrem, kegiatan ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

3. Bersepeda dan Berkuda

Di Wisata Lembah Harau Sumatera Barat, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil bersepeda atau berkuda. Kegiatan ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dengan cara yang lebih santai.

Wahana di Sekitar Wisata Lembah Harau Sumatera Barat

Tak hanya di dalam kawasan wisata, di sekitar Wisata Lembah Harau Sumatera Barat juga terdapat beberapa wahana menarik yang bisa dikunjungi. Beberapa wahana tersebut antara lain:

1. Air Terjun Sarasah Bunta

Terletak sekitar 5 km dari Wisata Lembah Harau Sumatera Barat, Air Terjun Sarasah Bunta menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Air terjun yang terletak di antara tebing-tebing batu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto dan bersantai.

2. Kampung Sianok

Kampung Sianok terletak di Bukittinggi, sekitar 30 km dari Wisata Lembah Harau Sumatera Barat. Kampung ini memiliki arsitektur tradisional Minangkabau yang masih terjaga sampai sekarang. Pengunjung dapat menikmati suasana kampung yang tenang dan indah.

Kesimpulan

Wisata Lembah Harau Sumatera Barat adalah destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang menakjubkan, udara yang segar, dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan menjadi daya tarik utama dari wisata ini. Meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti fasilitas yang terbatas dan akses jalan yang sulit, namun hal tersebut tidak mengurangi pesona dari Wisata Lembah Harau Sumatera Barat.