Wisata Di Kalimantan Barat

Wisata Di Kalimantan Barat
Objek Wisata Utama di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan

Wisata di Kalimantan Barat

Mengenal Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan provinsi yang terletak di pulau Kalimantan, Indonesia. Provinsi ini memiliki banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik utama Kalimantan Barat adalah wisata alamnya yang sangat memukau.

Keindahan Wisata Alam di Kalimantan Barat

Di Kalimantan Barat, terdapat banyak tempat wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Palung yang merupakan kawasan hutan hujan tropis yang masih asri. Selain itu, ada juga Danau Sentarum yang terkenal dengan keindahan hutan bakau dan satwa langka seperti bekantan dan buaya air tawar.

Objek wisata lainnya adalah Pantai Tanjung Keluang yang memiliki pemandangan laut yang indah dan tersedia berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving. Tidak kalah menarik, ada juga Loksado yang terkenal dengan wisata air sungai dan rafting.

Di Kalimantan Barat juga terdapat wisata budaya yang menarik seperti Kampung Budaya Sarung Samarinda, Kampung Tukang Bebek Sanggau, dan Desa Adat Dayak yang masih mempertahankan adat dan budaya asli.

Kelebihan dan Kekurangan Objek Wisata di Kalimantan Barat

Kelebihan

Kelebihan wisata di Kalimantan Barat adalah keasrian alamnya yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, terdapat berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga kuliner.

Kekurangan

Kekurangan wisata di Kalimantan Barat adalah masih minimnya fasilitas yang memadai seperti transportasi dan akomodasi. Selain itu, beberapa tempat wisata masih sulit dijangkau sehingga memerlukan perjalanan yang cukup melelahkan.

Kegiatan untuk Pengunjung di Wisata Kalimantan Barat

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung di wisata Kalimantan Barat. Misalnya, di Taman Nasional Gunung Palung, pengunjung dapat melakukan hiking dan trekking untuk menjelajahi hutan hujan tropis yang masih alami. Di Danau Sentarum, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan bakau dan melihat satwa langka seperti bekantan dan buaya air tawar.

Di Pantai Tanjung Keluang, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Sedangkan di Loksado, pengunjung dapat merasakan sensasi rafting dan wisata sungai yang menantang.

Wahana di Sekitar Wisata Kalimantan Barat

Di sekitar wisata Kalimantan Barat, terdapat beberapa wahana yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya, di Kota Pontianak, terdapat Tugu Khatulistiwa yang menjadi ikon kota dan menjadi tempat wisata yang populer. Selain itu, ada juga Museum Negeri Pontianak yang menyimpan sejarah dan budaya Kalimantan Barat.

Jika ingin mencoba kuliner khas Kalimantan Barat, pengunjung dapat mencoba sate kelinci dan sate padang di kawasan Jalan Ahmad Yani. Atau mencoba kuliner lezat lainnya di Jalan Gajah Mada dan Jalan Tanjung Pura.

Kesimpulan

Wisata di Kalimantan Barat memiliki banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun masih terdapat kekurangan, namun keasrian alamnya yang masih terjaga dengan baik menjadi daya tarik utama. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung di wisata Kalimantan Barat, mulai dari hiking, trekking, rafting, hingga melihat satwa langka. Selain itu, terdapat juga wahana dan kuliner khas yang patut dicoba. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi wisata di Kalimantan Barat dan nikmati keindahan alam dan budayanya.