Wisata Di Blora Jawa Tengah

Wisata Di Blora Jawa Tengah
11 Tempat Wisata Di Blora, Keindahan Kota Sate Jawa Tengah

Wisata di Blora Jawa Tengah

Blora adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang kaya akan destinasi wisata. Kabupaten ini memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga wisata religi dapat ditemukan di Blora. Berikut ulasan tentang wisata di Blora Jawa Tengah.

Wisata Alam

Blora memiliki beberapa wisata alam yang mempesona. Salah satunya adalah Pantai Widuri. Pantai yang berjarak sekitar 30 km dari kota Blora ini menawarkan pesona pantai yang masih alami. Kelebihan dari Pantai Widuri adalah kebersihannya serta keindahan matahari terbit yang bisa dinikmati pengunjung. Namun, kekurangan dari pantai ini adalah minimnya fasilitas yang disediakan.

Selain Pantai Widuri, Blora juga memiliki wisata air terjun. Air Terjun Nglirip yang berada di Desa Dawuhan, Kecamatan Jepon, Blora ini menawarkan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan udara yang masih segar. Namun, akses menuju air terjun ini masih kurang baik dan minimnya fasilitas yang tersedia.

Wisata Sejarah

Blora memiliki sejarah yang kaya, hal ini terbukti dengan adanya beberapa objek wisata sejarah yang masih terjaga dengan baik. Salah satunya adalah Candi Sukuh. Candi ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi dan pemandangan alam yang indah. Namun, kekurangan dari Candi Sukuh adalah akses menuju lokasi yang cukup sulit dan minimnya fasilitas yang disediakan.

Selain Candi Sukuh, Blora juga memiliki Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini berada di Desa Ambarawa, Kecamatan Jepon, Blora. Museum ini menyajikan koleksi kereta api dari masa lampau yang masih terjaga dengan baik. Pengunjung dapat melihat langsung jenis-jenis kereta api dan alat-alat yang digunakan di masa lalu. Namun, kekurangan dari museum ini adalah minimnya fasilitas yang disediakan untuk pengunjung.

Wisata Kuliner

Blora juga memiliki kuliner yang khas. Salah satunya adalah sate kambing Blora. Sate ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok bagi pecinta kuliner. Selain sate kambing, Blora juga memiliki kuliner lain seperti nasi liwet, soto ayam, dan lain-lain. Namun, kekurangan dari kuliner di Blora adalah minimnya tempat makan yang nyaman dan minimnya informasi mengenai kuliner di Blora.

Wisata Religi

Blora juga memiliki wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Makam Sunan Bonang yang berada di Desa Ngablak, Kecamatan Jati, Blora. Makam ini merupakan salah satu tempat ziarah bagi umat muslim. Pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan di area makam tersebut. Namun, kekurangan dari Makam Sunan Bonang adalah minimnya fasilitas yang disediakan untuk pengunjung.

Selain Makam Sunan Bonang, Blora juga memiliki Masjid Agung Baitul Makmur. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Blora dan memiliki arsitektur yang indah. Pengunjung dapat merasakan keindahan masjid dan juga dapat melaksanakan ibadah di tempat tersebut. Namun, kekurangan dari Masjid Agung Baitul Makmur adalah minimnya informasi mengenai masjid tersebut.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan

Pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan di Blora. Salah satunya adalah trekking di Gunung Kawi. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang masih segar. Selain trekking, pengunjung juga dapat bermain air di Waduk Cacaban. Waduk ini menawarkan berbagai macam wahana air seperti banana boat, water ski, dan lain-lain. Pengunjung juga dapat memancing di waduk ini. Namun, kekurangan dari Waduk Cacaban adalah minimnya fasilitas yang disediakan.

Wahana yang Tersedia

Blora juga memiliki berbagai macam wahana yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Wisata Lembah Kapuas. Taman ini menawarkan berbagai macam wahana seperti flying fox, perahu karet, dan lain-lain. Selain itu, taman ini juga memiliki kebun binatang mini yang dapat dikunjungi. Namun, kekurangan dari Taman Wisata Lembah Kapuas adalah minimnya fasilitas yang disediakan.

Kesimpulan

Blora Jawa Tengah memiliki berbagai macam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga wisata religi dapat ditemukan di Blora. Namun, masih terdapat kekurangan dalam hal fasilitas dan informasi mengenai wisata di Blora. Pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti trekking, bermain air, dan memancing. Blora juga memiliki berbagai macam wahana yang menarik untuk dikunjungi seperti Taman Wisata Lembah Kapuas. Meskipun masih terdapat kekurangan, Blora tetap menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.