Menikmati Wisata Di Prabumulih Sumatera Selatan

Menikmati Wisata Di Prabumulih Sumatera Selatan
Tempat Wisata di Prabumulih JUAL BELI PROPERTI

Perkenalan

Sumatera Selatan memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Prabumulih, sebuah kota kecil yang berada di tengah-tengah wilayah Sumatera Selatan. Prabumulih dikenal sebagai kota yang kaya akan sumber daya alam, terutama batu bara. Selain itu, Prabumulih juga memiliki potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Objek Wisata di Prabumulih Sumatera Selatan

Prabumulih memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di perbatasan antara Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 3.568 km2 dan terdiri dari hutan hujan tropis yang masih alami. Di dalam taman nasional ini terdapat berbagai macam satwa liar, seperti harimau, gajah, badak, dan berbagai jenis primata. Kelebihan dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah keindahan alam yang masih asli. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan dan satwa liar yang masih hidup di dalamnya. Namun, kekurangan dari objek wisata ini adalah akses menuju taman nasional yang masih sulit.

2. Danau Ranau

Danau Ranau terletak di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Danau ini memiliki luas sekitar 23.000 hektar dan dikelilingi oleh pegunungan. Di dalam danau ini terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan. Kelebihan dari Danau Ranau adalah keindahan alam yang masih asli. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau yang dikelilingi oleh pegunungan. Namun, kekurangan dari objek wisata ini adalah akses menuju danau yang masih sulit.

3. Air Terjun Curup Tenang

Air Terjun Curup Tenang terletak di Desa Curup Tenang, Kecamatan Cambai, Prabumulih. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki kolam yang dalam untuk berenang. Kelebihan dari Air Terjun Curup Tenang adalah keindahan air terjun yang masih asli. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di kolam yang dalam. Namun, kekurangan dari objek wisata ini adalah akses menuju air terjun yang masih sulit.

Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Prabumulih Sumatera Selatan

Pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan di Prabumulih, seperti:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Prabumulih memiliki keindahan alam yang masih asli. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Danau Ranau, dan Air Terjun Curup Tenang.

2. Mengunjungi Museum Batu Bara

Prabumulih dikenal sebagai kota yang kaya akan sumber daya alam, terutama batu bara. Pengunjung dapat mengunjungi Museum Batu Bara untuk mempelajari sejarah dan perkembangan batu bara di Prabumulih.

3. Memancing di Danau Ranau

Danau Ranau memiliki berbagai jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai bahan makanan. Pengunjung dapat memancing di Danau Ranau dan menikmati hasil tangkapan mereka.

Wahana di Sekitar Tempat Wisata di Prabumulih Sumatera Selatan

Selain objek wisata di Prabumulih, terdapat beberapa wahana di sekitar tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti:

1. Curug Ciputri

Curug Ciputri terletak di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki kolam yang dalam untuk berenang.

2. Desa Wisata Pagar Jati

Desa Wisata Pagar Jati terletak di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Desa ini memiliki keindahan alam yang masih asli dan pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan cara berjalan-jalan.

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bukit ini memiliki pemandangan kota Palembang yang indah dan pengunjung dapat menikmati pemandangan tersebut dengan cara berjalan-jalan.

Kesimpulan

Prabumulih memiliki potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Danau Ranau, dan Air Terjun Curup Tenang. Selain itu, terdapat juga wahana di sekitar tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Ciputri, Desa Wisata Pagar Jati, dan Bukit Siguntang. Namun, kekurangan dari objek wisata di Prabumulih adalah akses menuju tempat wisata yang masih sulit.