Rahasia Kuliner Legendaris Sate Maranggi Sari Asih Cianjur

sate maranggi sari asih kabupaten cianjur jawa barat

Sate Maranggi Sari Asih adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Sate ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, serta tekstur daging yang empuk. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

Sate Maranggi Sari Asih menjadi kuliner yang populer di kalangan masyarakat Cianjur dan wisatawan. Warung Sate Maranggi Sari Asih yang terkenal terletak di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Sate Maranggi Sari Asih merupakan kuliner khas Cianjur yang memiliki cita rasa yang khas dan sudah melegenda. Beberapa aspek penting yang terkait dengan Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat adalah:

  • Kuliner Khas Cianjur
  • Berbahan Daging Sapi atau Kambing
  • Dibumbui Rempah-rempah
  • Cita Rasa Manis dan Gurih
  • Tekstur Daging Empuk
  • Disajikan dengan Nasi Putih dan Sambal
  • Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal
  • Berdiri Sejak Tahun 1980-an
  • Tujuan Wisata Kuliner
  • Populer di Kalangan Masyarakat

Sate Maranggi Sari Asih memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan bumbu-bumbu rempah-rempah pilihan. Bumbu tersebut meresap dengan baik ke dalam daging, sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis. Tekstur dagingnya yang empuk juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner. Sate Maranggi Sari Asih biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal. Sambalnya memiliki cita rasa yang pedas dan segar, sehingga menambah kenikmatan saat menyantap sate maranggi.

Kuliner Khas Cianjur


Kuliner Khas Cianjur, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih merupakan salah satu kuliner khas Cianjur yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat. Kuliner khas Cianjur memiliki peran penting dalam memperkaya khazanah kuliner Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan kuliner masing-masing, termasuk Cianjur. Kuliner khas Cianjur tidak hanya menjadi identitas budaya, tetapi juga menjadi daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Sate Maranggi Sari Asih menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang terkenal dan menjadi ikon kuliner Cianjur. Sate Maranggi Sari Asih memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan sate maranggi dari daerah lain. Hal ini karena Sate Maranggi Sari Asih menggunakan bumbu-bumbu rempah pilihan dan teknik memasak yang khas. Sate Maranggi Sari Asih menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Kuliner khas Cianjur lainnya yang juga populer adalah Tauco Cianjur, Geco, dan Ayam Goreng Kampung Cianjur. Kuliner-kuliner khas Cianjur ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat makan di Cianjur, mulai dari warung makan sederhana hingga restoran mewah. Keberadaan kuliner khas Cianjur menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner Cianjur yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Berbahan Daging Sapi atau Kambing


Berbahan Daging Sapi Atau Kambing, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Pemilihan jenis daging ini sangat berpengaruh pada cita rasa dan tekstur sate maranggi yang dihasilkan.

  • Daging Sapi

    Daging sapi yang digunakan untuk membuat Sate Maranggi Sari Asih biasanya bagian has atau sirloin. Bagian daging ini memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot saat dikunyah. Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

  • Daging Kambing

    Daging kambing yang digunakan untuk membuat Sate Maranggi Sari Asih biasanya bagian paha atau iga. Bagian daging ini memiliki tekstur yang lebih alot dibandingkan daging sapi, namun memiliki cita rasa yang lebih gurih. Daging kambing juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan darah.

Baik daging sapi maupun daging kambing, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, yang terpenting adalah daging yang digunakan harus segar dan berkualitas baik agar menghasilkan sate maranggi yang lezat.

Dibumbui Rempah-rempah


Dibumbui Rempah-rempah, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat memiliki cita rasa yang khas dan gurih karena menggunakan bumbu-bumbu rempah pilihan. Bumbu-bumbu rempah tersebut tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Beberapa bumbu rempah yang digunakan dalam pembuatan Sate Maranggi Sari Asih antara lain:

  • Kecap manis
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Jinten
  • Pala
  • Cengkeh

Bumbu-bumbu rempah tersebut dihaluskan dan kemudian dioleskan ke daging sapi atau kambing sebelum dibakar. Proses pembakaran membuat bumbu rempah meresap ke dalam daging sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat.

Selain memberikan cita rasa yang khas, bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam Sate Maranggi Sari Asih juga memiliki manfaat kesehatan. Misalnya, bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ketumbar dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jinten dapat membantu melancarkan pencernaan. Pala dan cengkeh dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan.

Dengan demikian, bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam Sate Maranggi Sari Asih tidak hanya memberikan cita rasa yang khas, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Hal ini membuat Sate Maranggi Sari Asih menjadi kuliner yang tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan.

Cita Rasa Manis dan Gurih


Cita Rasa Manis Dan Gurih, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas dan menjadi daya tarik utama kuliner ini. Cita rasa manis berasal dari kecap manis yang digunakan sebagai bumbu olesan, sedangkan cita rasa gurih berasal dari bumbu rempah-rempah yang digunakan.

Kecap manis merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan Sate Maranggi Sari Asih. Kecap manis memberikan cita rasa manis dan legit pada sate. Selain itu, kecap manis juga membantu membuat daging sate lebih empuk dan juicy.

Selain kecap manis, bumbu rempah-rempah juga berperan penting dalam menciptakan cita rasa gurih pada Sate Maranggi Sari Asih. Bumbu rempah-rempah yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, pala, dan cengkeh. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dan kemudian dioleskan ke daging sate sebelum dibakar.

Proses pembakaran membuat bumbu rempah meresap ke dalam daging sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang khas. Cita rasa gurih ini berpadu dengan cita rasa manis dari kecap manis, menciptakan cita rasa manis dan gurih yang khas dan menjadi ciri khas Sate Maranggi Sari Asih.

Cita rasa manis dan gurih pada Sate Maranggi Sari Asih menjadi daya tarik utama kuliner ini dan membuatnya digemari oleh banyak orang. Cita rasa ini juga menjadi pembeda Sate Maranggi Sari Asih dengan sate maranggi dari daerah lain.

Tekstur Daging Empuk


Tekstur Daging Empuk, Kuliner

Tekstur daging empuk merupakan salah satu ciri khas Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Tekstur daging yang empuk membuat sate maranggi ini sangat digemari oleh banyak orang.

  • Proses Perebusan

    Proses perebusan daging sebelum dibakar menjadi faktor utama yang membuat tekstur Sate Maranggi Sari Asih menjadi empuk. Daging direbus dengan bumbu-bumbu rempah selama beberapa jam hingga empuk dan bumbunya meresap.

  • Pemilihan Bagian Daging

    Pemilihan bagian daging juga mempengaruhi tekstur sate maranggi. Bagian daging yang digunakan untuk membuat Sate Maranggi Sari Asih biasanya adalah bagian has atau sirloin. Bagian daging ini memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan bagian daging lainnya.

  • Teknik Pembakaran

    Teknik pembakaran juga berperan dalam menghasilkan tekstur daging yang empuk. Sate Maranggi Sari Asih dibakar dengan api sedang hingga matang secara merata. Pembakaran yang terlalu cepat atau terlalu lama dapat membuat daging menjadi alot.

  • Bumbu Marinasi

    Bumbu marinasi yang digunakan sebelum pembakaran juga dapat mempengaruhi tekstur daging. Sate Maranggi Sari Asih menggunakan bumbu marinasi yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Bumbu marinasi ini membantu membuat daging lebih empuk dan juicy.

Tekstur daging empuk pada Sate Maranggi Sari Asih menjadi salah satu daya tarik utama kuliner ini. Tekstur daging yang empuk membuat sate maranggi ini mudah dikunyah dan dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Disajikan dengan Nasi Putih dan Sambal


Disajikan Dengan Nasi Putih Dan Sambal, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat umumnya disajikan dengan nasi putih dan sambal. Perpaduan antara sate maranggi yang gurih dan nasi putih yang pulen menciptakan cita rasa yang harmonis dan memuaskan. Sambal yang pedas dan segar menambah sensasi rasa pada sate maranggi, membuat kuliner ini semakin nikmat.

Nasi putih berfungsi sebagai makanan pokok yang mengenyangkan dan melengkapi protein dari sate maranggi. Sementara itu, sambal berperan sebagai pelengkap rasa yang menambah cita rasa pedas dan gurih pada sate maranggi. Sambal yang digunakan biasanya dibuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Selain menambah cita rasa, penyajian sate maranggi dengan nasi putih dan sambal juga memiliki nilai praktis. Nasi putih dan sambal mudah didapatkan dan menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Perpaduan ketiga komponen ini, yaitu sate maranggi, nasi putih, dan sambal, menawarkan pengalaman bersantap yang lengkap dan memuaskan.

Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal


Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal, Kuliner

Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal merupakan salah satu warung sate maranggi yang paling populer dan melegenda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1980-an dan menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

  • Pelopor Sate Maranggi

    Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal dikenal sebagai pelopor sate maranggi di Kabupaten Cianjur. Warung ini pertama kali memperkenalkan sate maranggi kepada masyarakat Cianjur dan sekitarnya.

  • Cita Rasa Khas

    Sate maranggi yang disajikan di Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan sate maranggi dari daerah lain. Cita rasa khas ini dihasilkan dari penggunaan bumbu-bumbu rempah pilihan dan teknik memasak yang telah diwariskan secara turun-temurun.

  • Bahan Baku Berkualitas

    Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal sangat memperhatikan kualitas bahan baku yang digunakan. Daging sapi atau kambing yang digunakan untuk membuat sate maranggi selalu dipilih dari bagian terbaik dan dipastikan masih segar.

  • Proses Pembakaran

    Proses pembakaran sate maranggi di Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti. Sate maranggi dibakar dengan menggunakan arang kayu dan dibolak-balik secara teratur agar matang secara merata dan tidak gosong.

Kepopuleran Warung Sate Maranggi Sari Asih Terkenal tidak hanya karena cita rasanya yang khas, tetapi juga karena pelayanannya yang ramah dan harganya yang terjangkau. Warung ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan, baik dari Cianjur maupun luar Cianjur.

Berdiri Sejak Tahun 1980-an


Berdiri Sejak Tahun 1980-an, Kuliner

Warung Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat telah berdiri sejak tahun 1980-an. Hal ini menunjukkan bahwa warung sate maranggi ini telah memiliki pengalaman yang panjang dalam menyajikan sate maranggi yang lezat dan berkualitas. Pengalaman yang panjang ini menjadi salah satu faktor yang membuat Warung Sate Maranggi Sari Asih terkenal dan memiliki banyak pelanggan setia.

Selain itu, berdiri sejak tahun 1980-an juga berarti bahwa Warung Sate Maranggi Sari Asih telah mampu bertahan dalam persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat. Hal ini menunjukkan bahwa sate maranggi yang disajikan di warung ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda, sehingga mampu menarik pelanggan untuk terus datang dan menikmati sate maranggi di Warung Sate Maranggi Sari Asih.

Warung Sate Maranggi Sari Asih yang telah berdiri sejak tahun 1980-an juga menjadi bukti bahwa sate maranggi merupakan kuliner yang khas dan digemari oleh masyarakat Cianjur dan sekitarnya. Sate maranggi telah menjadi bagian dari budaya kuliner Cianjur dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Tujuan Wisata Kuliner


Tujuan Wisata Kuliner, Kuliner

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat telah menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Cianjur. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Cita Rasa Khas

    Sate Maranggi Sari Asih memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan sate maranggi dari daerah lain. Cita rasa khas ini dihasilkan dari penggunaan bumbu-bumbu rempah pilihan dan teknik memasak yang telah diwariskan secara turun-temurun. Keunikan cita rasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan menikmati sate maranggi di Cianjur.

  • Popularitas

    Warung Sate Maranggi Sari Asih telah terkenal sejak lama dan memiliki banyak pelanggan setia. Kepopuleran ini membuat sate maranggi menjadi salah satu kuliner khas Cianjur yang wajib dicoba oleh wisatawan. Banyak wisatawan yang datang ke Cianjur khusus untuk menikmati sate maranggi di Warung Sate Maranggi Sari Asih.

  • Lokasi Strategis

    Warung Sate Maranggi Sari Asih terletak di lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Lokasi ini mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Kemudahan akses ini menjadi faktor pendukung sate maranggi menjadi tujuan wisata kuliner di Cianjur.

Dengan demikian, sate maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat menjadi tujuan wisata kuliner karena cita rasanya yang khas, popularitasnya, dan lokasi strategisnya. Ketiga faktor ini membuat sate maranggi menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Populer di Kalangan Masyarakat


Populer Di Kalangan Masyarakat, Kuliner

Popularitas Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat di kalangan masyarakat menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan kuliner ini. Ada beberapa alasan yang membuat Sate Maranggi Sari Asih populer di kalangan masyarakat, di antaranya:

Cita rasa yang khas dan berbeda dengan sate maranggi dari daerah lain menjadi daya tarik utama bagi masyarakat. Perpaduan bumbu-bumbu rempah pilihan dan teknik memasak yang telah diwariskan secara turun-temurun menghasilkan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Selain itu, harga yang terjangkau dan lokasi yang strategis juga menjadi faktor pendukung popularitas Sate Maranggi Sari Asih. Masyarakat dapat menikmati sate maranggi dengan harga yang relatif murah dan mudah dijangkau karena lokasinya yang berada di jalan raya utama.

Popularitas Sate Maranggi Sari Asih di kalangan masyarakat juga didukung oleh promosi dari mulut ke mulut. Pelanggan yang puas dengan cita rasa dan pelayanan di Warung Sate Maranggi Sari Asih seringkali merekomendasikan kuliner ini kepada teman dan keluarga, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba Sate Maranggi Sari Asih.

Dengan demikian, popularitas Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat di kalangan masyarakat tidak terlepas dari cita rasanya yang khas, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, dan promosi dari mulut ke mulut. Popularitas ini menjadi salah satu faktor penting yang membuat Sate Maranggi Sari Asih menjadi kuliner yang sukses dan menjadi bagian dari budaya kuliner Cianjur.

Tips dan Saran

Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk menikmati Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat:

1. Kunjungi Warung Sate Maranggi Sari Asih yang Asli

Untuk mendapatkan pengalaman bersantap yang autentik, disarankan untuk mengunjungi Warung Sate Maranggi Sari Asih yang asli di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1980-an dan terkenal dengan cita rasanya yang khas.

2. Pesan Sate Maranggi dengan Level Kepedasan yang Sesuai

Sate Maranggi Sari Asih terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas. Bagi yang tidak terlalu kuat makan pedas, sebaiknya memesan sate maranggi dengan level kepedasan yang rendah atau sedang. Sambal yang disajikan terpisah dapat ditambahkan sesuai selera.

3. Nikmati Sate Maranggi dengan Nasi Putih dan Sambal

Sate Maranggi Sari Asih biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal. Perpaduan antara sate maranggi yang gurih, nasi putih yang pulen, dan sambal yang pedas menciptakan cita rasa yang harmonis dan nikmat.

4. Cicipi Aneka Menu Pendamping

Selain sate maranggi, Warung Sate Maranggi Sari Asih juga menyediakan berbagai menu pendamping, seperti sop iga, karedok, dan gado-gado. Menu pendamping ini dapat melengkapi pengalaman bersantap dan menambah variasi cita rasa.

5. Siapkan Uang Tunai

Warung Sate Maranggi Sari Asih hanya menerima pembayaran tunai. Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan uang tunai yang cukup sebelum berkunjung ke warung ini.

6. Datang Lebih Awal untuk Menghindari Antrean

Warung Sate Maranggi Sari Asih biasanya ramai dikunjungi, terutama pada jam makan siang dan malam. Untuk menghindari antrean yang panjang, disarankan untuk datang lebih awal atau di luar jam sibuk.

7. Pesan Melalui Aplikasi Ojek Online

Bagi yang tidak ingin mengantre atau datang langsung ke warung, dapat memesan Sate Maranggi Sari Asih melalui aplikasi ojek online. Namun, perlu diketahui bahwa harga yang dikenakan melalui aplikasi ojek online mungkin sedikit lebih mahal.

8. Jaga Kebersihan

Warung Sate Maranggi Sari Asih memiliki tempat makan yang sederhana dan terbuka. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merokok di dalam warung.

Dengan mengikuti tips dan saran di atas, pengunjung dapat menikmati pengalaman bersantap yang menyenangkan dan memuaskan saat menyantap Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Pertanyaan Umum tentang Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Di mana lokasi Warung Sate Maranggi Sari Asih yang asli?

Jawaban: Warung Sate Maranggi Sari Asih yang asli berlokasi di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Pertanyaan 2: Apa yang membedakan Sate Maranggi Sari Asih dengan sate maranggi dari daerah lain?

Jawaban: Sate Maranggi Sari Asih memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan bumbu-bumbu rempah pilihan dan teknik memasak yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Pertanyaan 3: Apakah Sate Maranggi Sari Asih halal?

Jawaban: Ya, Sate Maranggi Sari Asih halal karena menggunakan daging sapi atau kambing yang disembelih sesuai dengan syariat Islam.

Pertanyaan 4: Berapa kisaran harga Sate Maranggi Sari Asih?

Jawaban: Kisaran harga Sate Maranggi Sari Asih bervariasi tergantung pada jumlah tusuk sate yang dipesan. Satu tusuk sate maranggi biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000,00 hingga Rp7.000,00.

Pertanyaan 5: Apakah Warung Sate Maranggi Sari Asih buka setiap hari?

Jawaban: Ya, Warung Sate Maranggi Sari Asih buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Pertanyaan 6: Apakah Warung Sate Maranggi Sari Asih menerima pesanan melalui aplikasi ojek online?

Jawaban: Ya, Warung Sate Maranggi Sari Asih menerima pesanan melalui aplikasi ojek online seperti GoFood dan GrabFood.

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan umum ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Kesimpulan

Sate Maranggi Sari Asih Kabupaten Cianjur Jawa Barat merupakan kuliner khas yang memiliki cita rasa yang khas dan telah melegenda. Sate maranggi ini menggunakan daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan rempah-rempah pilihan dan dibakar hingga matang. Sate Maranggi Sari Asih biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal, sehingga menciptakan perpaduan rasa yang harmonis dan nikmat.

Warung Sate Maranggi Sari Asih yang terkenal telah berdiri sejak tahun 1980-an dan menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Cianjur. Cita rasanya yang khas, popularitasnya, dan lokasi strategisnya menjadi faktor pendukung kesuksesan sate maranggi ini. Sate Maranggi Sari Asih juga telah menjadi bagian dari budaya kuliner Cianjur dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba oleh wisatawan.

Youtube Video: