Rahasia Jam Buka Pasar Baru Jakarta yang Wajib Diketahui!

Rahasia Jam Buka Pasar Baru Jakarta yang Wajib Diketahui!

Pasar Baru Jakarta buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB setiap harinya.

Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua dan terbesar di Jakarta. Pasar ini dikenal dengan berbagai macam barang yang dijual, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga makanan. Pasar Baru Jakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jakarta, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

pasar baru jakarta buka jam berapa

Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua dan terbesar di Jakarta. Pasar ini dikenal dengan berbagai macam barang yang dijual, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga makanan. Pasar Baru Jakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jakarta, baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut adalah 10 aspek penting terkait “pasar baru jakarta buka jam berapa”:

  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • Lokasi: Jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat
  • Akses transportasi: Dekat dengan Stasiun MRT Sawah Besar
  • Barang yang dijual: Pakaian, aksesoris, makanan, dan lainnya
  • Harga: Terjangkau
  • Suasana: Ramai dan padat
  • Fasilitas: Mushala, toilet, dan tempat makan
  • Sejarah: Didirikan pada tahun 1820
  • Arsitektur: Bangunan bergaya kolonial
  • Popularitas: Salah satu pasar terpopuler di Jakarta

Kesepuluh aspek tersebut merupakan hal-hal penting yang perlu diketahui terkait “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Aspek-aspek tersebut mencakup informasi umum, lokasi, aksesibilitas, barang yang dijual, harga, suasana, fasilitas, sejarah, arsitektur, dan popularitas pasar. Dengan mengetahui aspek-aspek tersebut, pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka ke Pasar Baru Jakarta dengan lebih baik.

Jam buka


Jam Buka, Kuliner

Jam buka Pasar Baru Jakarta merupakan informasi penting yang perlu diketahui oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan jam buka tersebut menentukan waktu di mana pengunjung dapat berbelanja dan beraktivitas di pasar tersebut. Jika pengunjung datang di luar jam buka, maka mereka tidak akan dapat berbelanja atau menikmati suasana pasar.

Jam buka Pasar Baru Jakarta yang dimulai pada pukul 08.00 WIB memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin memulai aktivitas mereka sejak pagi hari. Pengunjung dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari, mencari oleh-oleh, atau sekadar menikmati suasana pasar di pagi hari yang masih sejuk.

Sementara itu, jam tutup Pasar Baru Jakarta pada pukul 18.00 WIB memberikan waktu yang cukup bagi pengunjung untuk berbelanja dan beraktivitas di pasar tersebut. Pengunjung dapat memanfaatkan waktu hingga sore hari untuk mencari barang-barang yang mereka butuhkan atau diinginkan.

Lokasi


Lokasi, Kuliner

Lokasi Pasar Baru Jakarta di Jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat merupakan faktor penting yang memengaruhi jam buka pasar tersebut. Lokasi yang strategis di pusat kota membuat Pasar Baru Jakarta mudah diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Kedekatan Pasar Baru Jakarta dengan Stasiun MRT Sawah Besar semakin memudahkan pengunjung untuk mencapai pasar tersebut. Pengunjung dapat menggunakan MRT untuk menuju Stasiun Sawah Besar, kemudian berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke Pasar Baru Jakarta. Hal ini memberikan kemudahan bagi pengunjung yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi atau terjebak kemacetan.

Dengan demikian, lokasi Pasar Baru Jakarta di Jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jam buka pasar tersebut. Lokasi yang strategis dan aksesibilitas yang baik memungkinkan Pasar Baru Jakarta untuk buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Jam buka tersebut memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk berbelanja dan beraktivitas di pasar tersebut, baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Akses transportasi


Akses Transportasi, Kuliner

Kedekatan Pasar Baru Jakarta dengan Stasiun MRT Sawah Besar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jam buka pasar tersebut. Akses transportasi yang baik memungkinkan pengunjung untuk datang dan pergi dari pasar dengan mudah dan cepat, sehingga mendukung jam buka pasar yang panjang.

Pengunjung yang menggunakan MRT dapat dengan mudah mencapai Pasar Baru Jakarta dalam waktu singkat. Hal ini membuat Pasar Baru Jakarta menjadi tujuan belanja yang menarik bagi masyarakat yang tinggal di luar pusat kota atau yang ingin menghindari kemacetan lalu lintas.

Dengan demikian, akses transportasi yang baik melalui Stasiun MRT Sawah Besar merupakan faktor penting yang mendukung jam buka Pasar Baru Jakarta mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Akses transportasi yang mudah dan cepat memungkinkan pengunjung untuk datang dan pergi dari pasar dengan nyaman, sehingga mendukung aktivitas belanja dan perdagangan di pasar tersebut.

Barang yang dijual


Barang Yang Dijual, Kuliner

Pasar Baru Jakarta dikenal dengan beragam barang yang dijual, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga makanan. Keberagaman barang yang dijual ini memiliki kaitan erat dengan jam buka pasar tersebut, “pasar baru jakarta buka jam berapa”.

  • Variasi Barang Dagangan

    Pasar Baru Jakarta menawarkan berbagai macam barang dagangan, mulai dari pakaian jadi, aksesoris fashion, hingga makanan dan minuman. Keragaman barang ini menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan, sehingga mendukung jam buka pasar yang panjang.

  • Kebutuhan Sehari-hari

    Pasar Baru Jakarta juga menjadi pusat penjualan kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, peralatan rumah tangga, dan kebutuhan pokok lainnya. Hal ini membuat pasar tetap ramai dikunjungi, bahkan di luar jam sibuk, sehingga mendukung jam buka yang panjang.

  • Destinasi Wisata

    Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jakarta. Pengunjung dapat berbelanja sekaligus menikmati suasana pasar yang unik dan bersejarah. Hal ini membuat pasar tetap ramai, terutama pada akhir pekan dan hari libur, sehingga mendukung jam buka yang panjang.

  • Pusat Grosir

    Pasar Baru Jakarta juga dikenal sebagai pusat grosir, terutama untuk pakaian dan aksesoris. Pengunjung dapat membeli barang dalam jumlah besar dengan harga yang lebih murah. Hal ini menarik minat pembeli dari luar kota, sehingga mendukung jam buka yang panjang.

Dengan demikian, keberagaman barang yang dijual di Pasar Baru Jakarta, mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, dan lainnya, menjadi salah satu faktor penting yang mendukung jam buka pasar tersebut mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Pasar Baru Jakarta menjadi pusat belanja yang lengkap dan menarik bagi masyarakat, baik warga Jakarta maupun wisatawan yang berkunjung.

Harga


Harga, Kuliner

Harga yang terjangkau merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Hal ini dikarenakan harga yang terjangkau menarik minat pengunjung untuk datang dan berbelanja di Pasar Baru Jakarta, sehingga mendukung jam buka pasar yang panjang.

  • Harga Kompetitif

    Pasar Baru Jakarta dikenal dengan harga barang yang kompetitif, terutama untuk pakaian dan aksesoris. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya.

  • Tawaran Diskon

    Banyak pedagang di Pasar Baru Jakarta menawarkan diskon dan promo menarik, sehingga pengunjung dapat menghemat pengeluaran belanja mereka.

  • Harga Grosir

    Sebagai pusat grosir, Pasar Baru Jakarta menawarkan harga grosir untuk pembelian dalam jumlah besar. Hal ini menarik minat pembeli dari luar kota untuk berbelanja di Pasar Baru Jakarta.

  • Alternatif Belanja Hemat

    Bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan harga terjangkau, Pasar Baru Jakarta menjadi alternatif pilihan yang tepat. Pengunjung dapat menemukan berbagai kebutuhan, mulai dari pakaian hingga makanan, dengan harga yang ramah di kantong.

Dengan demikian, harga yang terjangkau menjadi salah satu faktor utama yang mendukung jam buka Pasar Baru Jakarta mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Pasar Baru Jakarta menjadi destinasi belanja yang menarik bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan harga hemat, baik warga Jakarta maupun wisatawan yang berkunjung.

Suasana


Suasana, Kuliner

Pasar Baru Jakarta dikenal dengan suasananya yang ramai dan padat. Suasana ini memiliki hubungan yang erat dengan “pasar baru jakarta buka jam berapa”, karena memengaruhi pola kunjungan dan aktivitas di pasar tersebut.

  • Keramaian Pengunjung

    Pasar Baru Jakarta selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Keramaian ini disebabkan oleh beragamnya barang yang dijual, harga yang terjangkau, dan daya tarik sebagai destinasi wisata.

  • Gang-gang Sempit

    Pasar Baru Jakarta memiliki gang-gang yang sempit dan berliku-liku. Hal ini menambah kesan ramai dan padat, terutama pada saat pasar sedang ramai pengunjung.

  • Aktivitas Belanja

    Suasana yang ramai dan padat mendorong aktivitas belanja yang tinggi. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai macam barang dan melakukan tawar-menawar dengan pedagang.

  • Sensasi Berbelanja

    Suasana yang ramai dan padat menjadi salah satu daya tarik Pasar Baru Jakarta. Pengunjung dapat merasakan sensasi berbelanja di pasar tradisional yang unik dan penuh warna.

Dengan demikian, suasana yang ramai dan padat di Pasar Baru Jakarta merupakan faktor penting yang memengaruhi “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Suasana ini menarik pengunjung untuk datang dan berbelanja, sehingga mendukung jam buka pasar yang panjang, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Fasilitas


Fasilitas, Kuliner

Fasilitas yang tersedia di Pasar Baru Jakarta, seperti mushala, toilet, dan tempat makan, memiliki kaitan erat dengan “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Fasilitas-fasilitas ini mendukung kenyamanan pengunjung selama berbelanja dan beraktivitas di pasar, sehingga memengaruhi jam buka pasar tersebut.

  • Mushala

    Mushala yang tersedia di Pasar Baru Jakarta memudahkan pengunjung untuk menunaikan ibadah shalat, terutama pada waktu zuhur dan ashar. Keberadaan mushala ini mendukung jam buka pasar yang panjang, karena pengunjung dapat beribadah dengan nyaman tanpa harus meninggalkan pasar.

  • Toilet

    Toilet yang bersih dan memadai di Pasar Baru Jakarta menjamin kenyamanan pengunjung selama berbelanja. Pengunjung tidak perlu khawatir mencari toilet di luar pasar, sehingga dapat fokus berbelanja dan menikmati suasana pasar.

  • Tempat Makan

    Tempat makan yang beragam di Pasar Baru Jakarta menawarkan berbagai pilihan kuliner bagi pengunjung. Pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman, sehingga dapat kembali berbelanja dengan semangat baru. Hal ini mendukung jam buka pasar yang panjang, karena pengunjung dapat memenuhi kebutuhan makan mereka tanpa harus meninggalkan pasar.

Dengan demikian, fasilitas mushala, toilet, dan tempat makan di Pasar Baru Jakarta merupakan faktor penting yang memengaruhi “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Fasilitas-fasilitas ini mendukung kenyamanan pengunjung, sehingga memungkinkan pasar buka lebih lama, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Sejarah


Sejarah, Kuliner

Pasar Baru Jakarta didirikan pada tahun 1820, menjadikannya salah satu pasar tertua di Jakarta. Sejarah panjang ini memiliki kaitan erat dengan “pasar baru jakarta buka jam berapa”, karena merupakan bagian dari identitas dan daya tarik pasar tersebut.

Pasar Baru Jakarta didirikan pada masa kolonial Belanda dengan nama “Passar Baroe”. Pasar ini awalnya berfungsi sebagai pusat perdagangan hasil bumi dan kebutuhan pokok masyarakat. Seiring berjalannya waktu, Pasar Baru Jakarta berkembang menjadi pusat perdagangan berbagai macam barang, mulai dari tekstil, pakaian, aksesoris, hingga makanan.

Sejarah panjang Pasar Baru Jakarta telah membentuk karakteristik pasar yang unik dan berbeda dari pasar lainnya. Pasar ini memiliki bangunan-bangunan tua bergaya kolonial yang masih terawat dengan baik. Suasana pasar yang ramai dan padat juga menjadi ciri khas Pasar Baru Jakarta, yang tidak lepas dari sejarah panjangnya sebagai pusat perdagangan.

Dengan demikian, sejarah Pasar Baru Jakarta yang didirikan pada tahun 1820 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Sejarah panjang ini telah membentuk identitas dan daya tarik pasar, sehingga menjadikannya destinasi wisata dan pusat perdagangan yang ramai dikunjungi hingga saat ini.

Arsitektur


Arsitektur, Kuliner

Arsitektur bangunan bergaya kolonial di Pasar Baru Jakarta memiliki hubungan erat dengan “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Gaya arsitektur ini tidak hanya memberikan nilai estetika, tetapi juga memengaruhi kenyamanan dan keamanan pengunjung sehingga mendukung jam buka pasar yang panjang.

Bangunan-bangunan bergaya kolonial di Pasar Baru Jakarta memiliki ciri khas berupa langit-langit tinggi, jendela besar, dan lorong-lorong yang lebar. Arsitektur ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik, sehingga pengunjung tidak merasa pengap atau sesak meskipun pasar sedang ramai.

Selain itu, bangunan-bangunan bergaya kolonial di Pasar Baru Jakarta juga dilengkapi dengan sistem drainase yang baik. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar, terutama pada saat hujan deras atau banjir. Dengan demikian, pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman dan aman meskipun dalam kondisi cuaca yang kurang baik.

Dengan demikian, arsitektur bangunan bergaya kolonial di Pasar Baru Jakarta merupakan faktor penting yang mendukung jam buka pasar yang panjang, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Arsitektur ini menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung, sehingga mereka dapat berbelanja dan menikmati suasana pasar dengan tenang.

Popularitas


Popularitas, Kuliner

Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu pasar terpopuler di Jakarta. Popularitas ini tidak lepas dari beberapa faktor, di antaranya lokasi strategis, kemudahan akses, keberagaman barang yang dijual, harga terjangkau, dan suasana pasar yang unik.

Popularitas Pasar Baru Jakarta memiliki hubungan erat dengan “pasar baru jakarta buka jam berapa”. Hal ini dikarenakan semakin populer suatu pasar, semakin banyak pengunjung yang akan datang dan berbelanja. Pengunjung yang ramai membuat pasar menjadi lebih hidup dan menarik, sehingga pedagang cenderung untuk membuka lapak mereka lebih lama.

Selain itu, popularitas Pasar Baru Jakarta juga dipengaruhi oleh jam bukanya yang panjang, yaitu dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Jam buka yang panjang ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk datang dan berbelanja sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, sehingga Pasar Baru Jakarta tetap ramai meskipun pada hari kerja.

Dengan demikian, hubungan antara “Popularitas: Salah satu pasar terpopuler di Jakarta” dan “pasar baru jakarta buka jam berapa” bersifat saling memengaruhi. Popularitas pasar membuat jam buka menjadi lebih panjang, dan jam buka yang panjang semakin meningkatkan popularitas pasar.

Tips dan Saran untuk Mengunjungi Pasar Baru Jakarta

Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu pasar tertua dan terpopuler di Jakarta, menawarkan berbagai macam barang dagangan dengan harga terjangkau. Untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang optimal, berikut adalah beberapa tips dan saran:

Tips dan Saran 1: Datanglah pada Waktu yang Tepat

Pasar Baru Jakarta buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Untuk menghindari keramaian dan mendapatkan suasana belanja yang lebih nyaman, disarankan untuk datang pada pagi hari atau sore hari menjelang tutup.

Tips dan Saran 2: Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pasar Baru Jakarta memiliki banyak gang-gang sempit dan ramai. Untuk memudahkan pergerakan dan menghindari gerah, kenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

Tips dan Saran 3: Siapkan Uang Tunai

Sebagian besar pedagang di Pasar Baru Jakarta hanya menerima pembayaran tunai. Pastikan untuk menyiapkan uang tunai secukupnya untuk menghindari kesulitan saat berbelanja.

Tips dan Saran 4: Tawar-menawar

Tawar-menawar merupakan hal yang umum di Pasar Baru Jakarta. Jangan ragu untuk menawar harga barang yang Anda inginkan untuk mendapatkan harga terbaik.

Tips dan Saran 5: Berhati-hati dengan Barang Bawaan

Pasar Baru Jakarta sangat ramai, sehingga penting untuk berhati-hati dengan barang bawaan Anda. Simpan barang berharga di tempat yang aman dan waspadalah terhadap copet.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips dan saran ini, Anda dapat menikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan menguntungkan di Pasar Baru Jakarta. Pastikan untuk datang pada waktu yang tepat, gunakan pakaian yang nyaman, siapkan uang tunai, tawar-menawar dengan sopan, dan berhati-hati dengan barang bawaan Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang “pasar baru jakarta buka jam berapa”

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya terkait dengan jam buka Pasar Baru Jakarta:

Pertanyaan 1: Jam berapa Pasar Baru Jakarta buka?

Jawaban: Pasar Baru Jakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Pertanyaan 2: Jam berapa Pasar Baru Jakarta tutup?

Jawaban: Pasar Baru Jakarta tutup setiap hari pukul 18.00 WIB.

Pertanyaan 3: Apakah Pasar Baru Jakarta buka pada hari Minggu?

Jawaban: Ya, Pasar Baru Jakarta buka setiap hari, termasuk hari Minggu.

Pertanyaan 4: Apakah Pasar Baru Jakarta buka pada hari libur nasional?

Jawaban: Tidak, Pasar Baru Jakarta tutup pada hari libur nasional.

Pertanyaan 5: Apa saja yang dijual di Pasar Baru Jakarta?

Jawaban: Pasar Baru Jakarta menjual berbagai macam barang, seperti pakaian, aksesoris, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Pertanyaan 6: Apakah Pasar Baru Jakarta ramai pengunjung?

Jawaban: Ya, Pasar Baru Jakarta selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda ke Pasar Baru Jakarta dengan lebih baik. Pastikan untuk datang pada waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan di pasar yang terkenal ini.

Kesimpulan

Pasar Baru Jakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan tertua dan terpopuler di Jakarta. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, menawarkan berbagai macam barang dagangan dengan harga terjangkau.

Jam buka Pasar Baru Jakarta yang panjang didukung oleh beberapa faktor, seperti lokasi strategis, akses transportasi yang mudah, keberagaman barang yang dijual, harga yang terjangkau, suasana pasar yang ramai, fasilitas yang memadai, sejarah panjang, arsitektur bangunan bergaya kolonial, dan popularitas pasar. Dengan demikian, Pasar Baru Jakarta menjadi destinasi belanja yang menarik bagi masyarakat, baik warga Jakarta maupun wisatawan yang berkunjung.

Youtube Video: