Pantai Loji Pelabuhan Ratu: Surga Tersembunyi Di Ujung Selatan Jawa Barat

Pantai Loji Pelabuhan Ratu: Surga Tersembunyi Di Ujung Selatan Jawa Barat
Pantai Loji, Keindahan Bahari di Pelabuhan Ratu, Sukabumi yang Belum

Pengantar

Pantai Loji Pelabuhan Ratu merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di ujung selatan Jawa Barat. Pantai ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pantai yang masih alami dan jauh dari keramaian. Terletak sekitar 60 km dari arah selatan Kabupaten Sukabumi, Pantai Loji Pelabuhan Ratu memiliki keindahan alam yang sangat mempesona.

Kelebihan Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Pantai Loji Pelabuhan Ratu memiliki keindahan alam yang memukau, dengan laut yang biru dan ombak yang besar, serta pasir putih yang lembut. Selain itu, pantai ini juga masih terjaga keasriannya, karena belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Kelebihan lainnya adalah adanya banyak spot foto yang menarik, seperti batu karang dan tebing yang menjorok ke laut.

Kekurangan Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Kekurangan Pantai Loji Pelabuhan Ratu adalah jalan menuju pantai yang belum terlalu baik. Jalan berkelok-kelok dan berbatu membuat perjalanan menuju pantai menjadi sedikit berbahaya, terutama bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Selain itu, fasilitas di sekitar pantai masih minim, sehingga pengunjung perlu membawa persediaan makanan dan minuman sendiri.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Pantai Loji Pelabuhan Ratu menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung, seperti berenang, berjemur, dan bermain pasir. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan snorkeling dan diving, karena terdapat banyak spot diving yang menarik di sekitar pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati sunset yang indah di pantai ini.

Wahana di Sekitar Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Di sekitar Pantai Loji Pelabuhan Ratu terdapat beberapa wahana yang bisa dikunjungi oleh pengunjung, seperti Goa Lalay dan Bukit Karang. Goa Lalay merupakan sebuah gua yang terletak di dekat pantai, sedangkan Bukit Karang adalah sebuah bukit yang memiliki panorama yang indah, terutama saat matahari terbit atau tenggelam.

Cuaca dan Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Pantai Loji Pelabuhan Ratu dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun ada waktu-waktu tertentu yang paling baik untuk mengunjungi pantai ini. Terutama pada musim kemarau, karena cuaca yang cerah dan ombak yang tidak terlalu besar. Sedangkan pada musim hujan, ombak bisa mencapai ketinggian 3-5 meter, sehingga kurang cocok untuk aktivitas berenang dan diving.

Akomodasi di Sekitar Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Di sekitar Pantai Loji Pelabuhan Ratu terdapat beberapa penginapan yang bisa dipilih oleh pengunjung, seperti homestay dan villa. Namun, pengunjung juga bisa membawa tenda dan berkemah di sekitar pantai, karena masih belum ada tempat camping resmi di pantai ini.

Transportasi Menuju Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Pantai Loji Pelabuhan Ratu bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengikuti rute Sukabumi-Cisolok-Pelabuhan Ratu. Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bus dari Terminal Sukabumi menuju Terminal Pelabuhan Ratu, kemudian dilanjutkan dengan ojek atau angkot.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Loji Pelabuhan Ratu

Tiket masuk ke Pantai Loji Pelabuhan Ratu cukup murah, yaitu sekitar Rp 5.000,- per orang. Namun, untuk kendaraan roda empat harus membayar parkir sebesar Rp 20.000,-.

Kesan dan Kesimpulan

Pantai Loji Pelabuhan Ratu merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam pantai yang masih asli dan jauh dari keramaian. Meskipun masih minim fasilitas, pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dan damai di pantai ini. Namun, pengunjung perlu berhati-hati saat menuju pantai karena jalan yang berkelok-kelok dan berbatu. Namun, keindahan alam yang ditawarkan pantai ini sangat mempesona dan bisa membuat pengunjung terkesan.