Oleh-oleh Khas Jogja di Surabaya: Kuliner Legendaris yang Menggugah Selera

oleh oleh khas jogja di surabaya

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya merupakan berbagai macam makanan, minuman, dan kerajinan tangan yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dapat ditemukan di Surabaya, Jawa Timur.

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya banyak diminati karena Jogja dikenal sebagai kota dengan kekayaan kuliner dan budaya yang khas. Salah satu oleh-oleh yang paling populer adalah bakpia, yaitu kue kering berisi kacang hijau atau cokelat. Selain bakpia, ada juga gudeg, sate klathak, wingko babat, dan yangko. Untuk minuman, ada wedang uwuh, wedang ronde, dan bir pletok. Sedangkan untuk kerajinan tangan, ada batik, gerabah, dan wayang kulit.

Keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menunjukkan adanya interaksi budaya dan ekonomi antara kedua daerah tersebut. Surabaya sebagai kota besar di Jawa Timur menjadi tujuan pemasaran yang potensial bagi produk-produk dari Jogja. Selain itu, oleh-oleh khas Jogja di Surabaya juga dapat menjadi sarana promosi pariwisata Jogja kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Oleh-oleh Khas Jogja di Surabaya

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya merupakan bagian penting dari interaksi budaya dan ekonomi antara kedua daerah tersebut. Berbagai aspek terkait oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat dieksplorasi, antara lain:

  • Jenis: Makanan, minuman, kerajinan tangan
  • Asal: Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Tujuan: Surabaya, Jawa Timur
  • Popularitas: Tinggi, banyak diminati
  • Budaya: Sarana promosi budaya Jogja
  • Ekonomi: Sumber pendapatan bagi pelaku usaha
  • Pariwisata: Daya tarik bagi wisatawan
  • Identitas: Ciri khas Kota Jogja
  • Tradisi: Bagian dari tradisi oleh-oleh saat berkunjung
  • Kekayaan: Menunjukkan kekayaan kuliner dan budaya Jogja

Sebagai contoh, keberadaan bakpia Pathok di Surabaya menunjukkan popularitas oleh-oleh khas Jogja di luar daerah asalnya. Selain itu, penjualan batik Jogja di Surabaya menjadi bukti nyata interaksi budaya dan ekonomi antara kedua daerah tersebut. Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya menjadi komoditas dagang, tetapi juga menjadi jembatan penghubung antara dua budaya yang berbeda.

Jenis


Jenis, Kuliner

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memiliki keanekaragaman jenis, meliputi makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Keanekaragaman ini mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi asal dari oleh-oleh tersebut.

  • Makanan: Jenis makanan yang menjadi oleh-oleh khas Jogja di Surabaya antara lain bakpia, gudeg, sate klathak, wingko babat, dan yangko. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang khas dan telah menjadi bagian dari identitas kuliner Jogja.
  • Minuman: Jenis minuman yang menjadi oleh-oleh khas Jogja di Surabaya antara lain wedang uwuh, wedang ronde, dan bir pletok. Minuman-minuman ini dikenal dengan kehangatan dan khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh dan menyegarkan pikiran.
  • Kerajinan tangan: Jenis kerajinan tangan yang menjadi oleh-oleh khas Jogja di Surabaya antara lain batik, gerabah, dan wayang kulit. Kerajinan tangan ini memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi, serta menjadi representasi dari kreativitas dan keterampilan masyarakat Jogja.

Keanekaragaman jenis oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memberikan pilihan yang luas bagi masyarakat Surabaya untuk menikmati dan mengapresiasi kekayaan budaya Jogja. Oleh-oleh tersebut tidak hanya sebagai buah tangan, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Jogja di luar daerah asalnya.

Asal


Asal, Kuliner

Kaitan antara “Asal: Daerah Istimewa Yogyakarta” dan “oleh-oleh khas Jogja di Surabaya” sangat erat dan memiliki beberapa aspek penting sebagai berikut:

  • Identitas: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi representasi identitas budaya dan kuliner Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kehadiran oleh-oleh tersebut di Surabaya menunjukkan eksistensi dan pengakuan masyarakat Surabaya terhadap kekayaan budaya Jogja.
  • Promosi: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya berperan sebagai media promosi pariwisata DIY. Melalui oleh-oleh tersebut, masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke Jogja untuk menikmati kuliner dan budaya secara langsung.
  • Ekonomi: Penjualan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memberikan kontribusi ekonomi bagi pelaku usaha di DIY. Permintaan yang tinggi terhadap oleh-oleh tersebut mendorong produksi dan distribusi produk-produk khas Jogja ke luar daerah, sehingga membuka peluang ekonomi bagi masyarakat Jogja.
  • Preservasi: Keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya turut berkontribusi dalam pelestarian budaya dan kuliner Jogja. Dengan adanya permintaan yang berkelanjutan, produsen oleh-oleh di Jogja akan terus memproduksi dan mengembangkan produk-produk khas mereka, sehingga kekayaan kuliner dan budaya Jogja tetap terjaga.

Dengan demikian, “Asal: Daerah Istimewa Yogyakarta” menjadi faktor penting yang menentukan keunikan dan nilai dari “oleh-oleh khas Jogja di Surabaya”. Kaitan antara keduanya saling melengkapi dan memperkuat identitas budaya, ekonomi, dan pariwisata kedua daerah.

Tujuan


Tujuan, Kuliner

Kaitan antara “Tujuan: Surabaya, Jawa Timur” dan “oleh-oleh khas Jogja di Surabaya” memiliki beberapa aspek penting, yaitu:

  • Pasar: Surabaya merupakan pasar yang potensial bagi oleh-oleh khas Jogja karena jumlah penduduknya yang besar dan daya belinya yang tinggi. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha di Jogja untuk memperluas jangkauan pemasaran produk-produk mereka.
  • Transportasi: Surabaya memiliki akses transportasi yang mudah dan memadai, sehingga distribusi oleh-oleh khas Jogja dapat dilakukan secara efisien dan cepat. Kemudahan transportasi ini juga memudahkan masyarakat Surabaya untuk memperoleh oleh-oleh khas Jogja.
  • Pariwisata: Surabaya merupakan destinasi wisata yang cukup populer, baik bagi wisatawan domestik maupun internasional. Kehadiran oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan, sekaligus menjadi sarana promosi pariwisata Jogja.
  • Budaya: Surabaya dan Jogja memiliki kesamaan budaya yang cukup kuat, sehingga masyarakat Surabaya cenderung familiar dan memiliki apresiasi terhadap oleh-oleh khas Jogja. Hal ini menjadi faktor pendukung keberhasilan pemasaran oleh-oleh khas Jogja di Surabaya.

Dengan demikian, “Tujuan: Surabaya, Jawa Timur” merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan pemasaran oleh-oleh khas Jogja di Surabaya. Keberadaan pasar yang potensial, kemudahan transportasi, daya tarik pariwisata, dan kesamaan budaya menjadi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan tersebut.

Popularitas


Popularitas, Kuliner

Popularitas oleh-oleh khas Jogja di Surabaya yang tinggi menunjukkan beberapa hal penting:

  • Pengakuan kualitas: Oleh-oleh khas Jogja banyak diminati karena kualitasnya yang diakui oleh masyarakat Surabaya. Cita rasa yang khas, bahan-bahan yang berkualitas, dan pembuatan yang teliti menjadi faktor-faktor yang membuat oleh-oleh khas Jogja digemari.
  • Daya tarik kuliner: Jogja dikenal memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan unik. Oleh-oleh khas Jogja menjadi representasi dari daya tarik kuliner tersebut, sehingga masyarakat Surabaya tertarik untuk mencicipi dan membawanya sebagai buah tangan.
  • Promosi efektif: Popularitas oleh-oleh khas Jogja di Surabaya juga didukung oleh promosi yang efektif. Baik dari pelaku usaha maupun pemerintah daerah, promosi dilakukan melalui berbagai saluran, seperti media sosial, pameran, dan kerja sama dengan toko oleh-oleh.
  • Dampak ekonomi: Popularitas oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memberikan dampak ekonomi yang positif. Permintaan yang tinggi mendorong produksi dan distribusi produk-produk khas Jogja, sehingga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Jogja.

Tingginya popularitas oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menunjukkan bahwa produk-produk tersebut telah berhasil memenuhi selera dan kebutuhan masyarakat Surabaya. Hal ini menjadi bukti keberhasilan pelaku usaha dan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan mempromosikan kekayaan kuliner Jogja di luar daerah asalnya.

Budaya


Budaya, Kuliner

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya menjadi komoditas dagang, tetapi juga berperan sebagai sarana promosi budaya Jogja. Kehadiran oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat memperkenalkan dan mempopulerkan budaya Jogja kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

  • Representasi budaya: Oleh-oleh khas Jogja, seperti bakpia, gudeg, dan batik, merupakan representasi dari budaya Jogja. Melalui oleh-oleh tersebut, masyarakat Surabaya dapat mengenal dan mengapresiasi keunikan dan kekayaan budaya Jogja.
  • Promosi pariwisata: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Dengan mencicipi kuliner dan kerajinan khas Jogja di Surabaya, wisatawan akan tertarik untuk datang langsung ke Jogja dan mengalami budaya Jogja secara lebih mendalam.
  • Pelestarian budaya: Permintaan yang tinggi terhadap oleh-oleh khas Jogja di Surabaya mendorong produksi dan pengembangan produk-produk khas Jogja. Hal ini turut berkontribusi dalam pelestarian budaya Jogja, karena produsen akan terus menjaga kualitas dan keaslian produk mereka untuk memenuhi permintaan pasar.
  • Pertukaran budaya: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi media pertukaran budaya antara Jogja dan Surabaya. Melalui oleh-oleh tersebut, masyarakat kedua daerah dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing.

Dengan demikian, oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memiliki peran penting dalam promosi budaya Jogja di luar daerah asalnya. Kehadiran oleh-oleh tersebut tidak hanya membawa nilai ekonomi, tetapi juga nilai budaya yang dapat memperkaya wawasan dan mempererat hubungan antara Jogja dan Surabaya.

Ekonomi


Ekonomi, Kuliner

Keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya membawa manfaat budaya, tetapi juga ekonomi. Oleh-oleh tersebut menjadi sumber pendapatan bagi pelaku usaha, baik di Jogja maupun Surabaya.

  • Penciptaan lapangan kerja: Produksi dan distribusi oleh-oleh khas Jogja di Surabaya membutuhkan tenaga kerja, sehingga membuka lapangan kerja bagi masyarakat kedua daerah.
  • Pertumbuhan UMKM: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya banyak diproduksi oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Permintaan yang tinggi terhadap oleh-oleh tersebut mendorong pertumbuhan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Peningkatan pendapatan daerah: Penjualan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memberikan kontribusi pada pendapatan daerah, baik melalui pajak maupun retribusi. Pendapatan tersebut dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Kerja sama antar daerah: Perdagangan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya mendorong kerja sama ekonomi antar daerah. Pelaku usaha di Jogja dapat memasarkan produk mereka ke Surabaya, sementara pelaku usaha di Surabaya dapat memperoleh pasokan oleh-oleh khas Jogja dengan mudah.

Dengan demikian, keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memiliki dampak positif pada perekonomian kedua daerah. Oleh-oleh tersebut tidak hanya menjadi komoditas dagang, tetapi juga sumber pendapatan dan penggerak ekonomi bagi pelaku usaha.

Pariwisata


Pariwisata, Kuliner

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi daya tarik bagi wisatawan karena beberapa hal berikut:

  • Representasi budaya: Oleh-oleh khas Jogja, seperti bakpia, gudeg, dan batik, merupakan representasi dari budaya Jogja. Dengan membeli dan membawa oleh-oleh tersebut, wisatawan dapat membawa pulang sebagian dari pengalaman budaya mereka di Jogja.
  • Pengalaman kuliner: Oleh-oleh khas Jogja menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan berbeda bagi wisatawan. Cita rasa yang khas dan bahan-bahan yang berkualitas membuat oleh-oleh tersebut menjadi incaran wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Jogja.
  • Promosi pariwisata: Kehadiran oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Dengan mengetahui dan mencicipi oleh-oleh tersebut, wisatawan akan tertarik untuk datang langsung ke Jogja dan mengalami budaya Jogja secara lebih mendalam.
  • Cinderamata: Oleh-oleh khas Jogja dapat menjadi cinderamata yang berkesan bagi wisatawan. Produk-produk tersebut dapat menjadi pengingat akan perjalanan mereka ke Jogja dan dapat dipajang atau digunakan sebagai dekorasi.

Dengan demikian, oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya menjadi komoditas dagang, tetapi juga daya tarik bagi wisatawan. Kehadiran oleh-oleh tersebut dapat memperkaya pengalaman wisatawan dan mendorong mereka untuk berkunjung ke Jogja.

Identitas


Identitas, Kuliner

Kaitan antara “Identitas: Ciri khas Kota Jogja” dan “oleh-oleh khas Jogja di Surabaya” sangat erat dan saling mempengaruhi. Berikut adalah beberapa aspek penting dari kaitan tersebut:

  • Representasi budaya: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi representasi budaya dan identitas Kota Jogja. Kehadiran oleh-oleh tersebut di Surabaya menunjukkan eksistensi dan pengakuan masyarakat Surabaya terhadap kekayaan budaya Jogja.
  • Promosi pariwisata: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya berperan sebagai media promosi pariwisata Kota Jogja. Melalui oleh-oleh tersebut, masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke Jogja untuk menikmati kuliner dan budaya secara langsung.
  • Kebanggaan masyarakat: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jogja. Keberadaan oleh-oleh tersebut di Surabaya menunjukkan bahwa budaya dan produk asli Jogja diminati dan dihargai oleh masyarakat luar.
  • Preservasi budaya: Permintaan yang tinggi terhadap oleh-oleh khas Jogja di Surabaya mendorong produksi dan pengembangan produk-produk khas Jogja. Hal ini turut berkontribusi dalam pelestarian budaya Jogja, karena produsen akan terus menjaga kualitas dan keaslian produk mereka untuk memenuhi permintaan pasar.

Dengan demikian, “Identitas: Ciri khas Kota Jogja” dan “oleh-oleh khas Jogja di Surabaya” memiliki kaitan yang saling menguatkan. Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya menjadi komoditas dagang, tetapi juga sarana promosi budaya, pariwisata, dan pelestarian budaya Jogja di luar daerah asalnya.

Tradisi


Tradisi, Kuliner

Kaitan antara “Tradisi: Bagian dari tradisi oleh-oleh saat berkunjung” dan “oleh oleh khas jogja di surabaya” sangat erat dan memiliki beberapa aspek penting sebagai berikut:

  • Budaya: Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi bagian dari tradisi budaya masyarakat Indonesia yang senang membawa oleh-oleh ketika berkunjung ke suatu daerah. Tradisi ini menunjukkan rasa kepedulian dan perhatian kepada keluarga, teman, atau kerabat yang tidak ikut serta dalam perjalanan.
  • Sosial: Memberikan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya juga merupakan bentuk interaksi sosial yang mempererat hubungan antar individu atau kelompok. Oleh-oleh menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dan kebahagiaan yang diperoleh selama berkunjung ke Jogja.
  • Ekonomi: Tradisi oleh-oleh juga memiliki dampak ekonomi yang positif bagi pelaku usaha di Jogja. Permintaan yang tinggi terhadap oleh-oleh khas Jogja di Surabaya mendorong produksi dan distribusi produk-produk khas Jogja, sehingga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Jogja.

Dengan demikian, “Tradisi: Bagian dari tradisi oleh-oleh saat berkunjung” memiliki peran penting dalam keberlangsungan dan perkembangan “oleh oleh khas jogja di surabaya”. Tradisi ini tidak hanya menjadi bagian dari budaya masyarakat, tetapi juga berdampak positif pada aspek sosial dan ekonomi.

Kekayaan


Kekayaan, Kuliner

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya tidak hanya sekadar komoditas dagang, tetapi juga representasi dari kekayaan kuliner dan budaya Jogja. Keragaman jenis oleh-oleh, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan, menunjukkan kekayaan kuliner dan budaya yang dimiliki oleh Jogja.

Kekayaan kuliner Jogja tercermin pada oleh-oleh khas seperti gudeg, bakpia, sate klathak, dan wingko babat. Cita rasa yang khas dan bahan-bahan berkualitas tinggi menjadi daya tarik utama oleh-oleh kuliner khas Jogja. Sementara itu, kekayaan budaya Jogja tercermin pada oleh-oleh kerajinan tangan seperti batik, gerabah, dan wayang kulit. Motif dan desain yang unik menjadi ciri khas kerajinan tangan khas Jogja yang digemari masyarakat.

Keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menunjukkan bahwa kekayaan kuliner dan budaya Jogja diakui dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Oleh-oleh tersebut tidak hanya menjadi buah tangan, tetapi juga menjadi sarana promosi budaya Jogja di luar daerah asalnya. Dengan menikmati oleh-oleh khas Jogja, masyarakat Surabaya dan sekitarnya dapat mengenal dan mengapresiasi kekayaan kuliner dan budaya Jogja.

Tips Memilih “Oleh Oleh Khas Jogja di Surabaya”

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jogja yang berkualitas dan sesuai dengan selera, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

Tips 1: Carilah toko oleh-oleh yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Toko yang terpercaya biasanya menyediakan produk-produk yang berkualitas dan terjamin keasliannya.

Tips 2: Pilihlah oleh-oleh yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika Anda menyukai makanan manis, Anda dapat memilih bakpia atau wingko babat. Jika Anda menyukai makanan gurih, Anda dapat memilih gudeg atau sate klathak.

Tips 3: Perhatikan kemasan oleh-oleh. Kemasan yang baik akan menjaga kualitas oleh-oleh selama perjalanan. Oleh-oleh yang mudah rusak, seperti makanan basah, sebaiknya dikemas dalam wadah kedap udara.

Tips 4: Belilah oleh-oleh dalam jumlah yang cukup. Oleh-oleh khas Jogja biasanya memiliki daya tahan yang cukup lama, sehingga Anda dapat membelinya dalam jumlah yang cukup untuk dibagikan kepada keluarga dan teman.

Tips 5: Jangan ragu untuk mencicipi oleh-oleh sebelum membeli. Sebagian toko oleh-oleh menyediakan tester yang memungkinkan Anda untuk mencicipi produk sebelum membeli. Hal ini akan membantu Anda memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera Anda.

Tips 6: Manfaatkan diskon atau promosi yang ditawarkan oleh toko oleh-oleh. Beberapa toko oleh-oleh menawarkan diskon atau promosi pada waktu-waktu tertentu, seperti saat hari raya atau liburan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih oleh-oleh khas Jogja di Surabaya yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Nikmati oleh-oleh khas Jogja dan bagikan pengalaman kuliner dan budaya Jogja kepada orang-orang terdekat Anda.

FAQ Oleh-oleh Khas Jogja di Surabaya

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai oleh-oleh khas Jogja di Surabaya:

Pertanyaan 1: Apa saja oleh-oleh khas Jogja yang bisa ditemukan di Surabaya?

Oleh-oleh khas Jogja yang bisa ditemukan di Surabaya sangat beragam, di antaranya makanan seperti gudeg, bakpia, sate klathak, wingko babat, yangko; minuman seperti wedang uwuh, wedang ronde, bir pletok; dan kerajinan tangan seperti batik, gerabah, wayang kulit.

Pertanyaan 2: Di mana saja bisa membeli oleh-oleh khas Jogja di Surabaya?

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dapat dibeli di berbagai tempat, seperti toko oleh-oleh, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan toko daring.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara memilih oleh-oleh khas Jogja yang berkualitas?

Untuk memilih oleh-oleh khas Jogja yang berkualitas, perhatikan kemasan, bahan baku, dan reputasi toko oleh-oleh.

Pertanyaan 4: Apakah oleh-oleh khas Jogja di Surabaya halal?

Mayoritas oleh-oleh khas Jogja di Surabaya halal, namun untuk memastikannya, Anda dapat menanyakan langsung kepada penjual atau mencari sertifikasi halal pada kemasan produk.

Pertanyaan 5: Berapa kisaran harga oleh-oleh khas Jogja di Surabaya?

Kisaran harga oleh-oleh khas Jogja di Surabaya bervariasi tergantung jenis dan ukuran produk. Namun, secara umum harganya cukup terjangkau.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menyimpan oleh-oleh khas Jogja yang mudah rusak?

Oleh-oleh khas Jogja yang mudah rusak, seperti makanan basah, sebaiknya disimpan di lemari es atau wadah kedap udara untuk menjaga kualitas dan kesegarannya.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat menikmati oleh-oleh khas Jogja di Surabaya dengan lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas Jogja di Surabaya merupakan representasi kekayaan kuliner dan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dapat dinikmati masyarakat di luar daerah asalnya. Keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya memiliki beberapa aspek penting, diantaranya sebagai sarana promosi budaya, pengembangan ekonomi, daya tarik pariwisata, dan pelestarian budaya Jogja.

Bagi masyarakat Surabaya, oleh-oleh khas Jogja menjadi kesempatan untuk mengenal dan mengapresiasi keragaman kuliner dan budaya Jogja. Selain itu, oleh-oleh khas Jogja juga dapat menjadi pilihan buah tangan yang berkesan dan bermanfaat bagi keluarga, teman, atau kerabat. Dengan demikian, keberadaan oleh-oleh khas Jogja di Surabaya menjadi jembatan penghubung budaya dan ekonomi antara dua daerah yang berbeda.

Youtube Video: