Kota Wisata Di Jawa Timur

Kota Wisata Di Jawa Timur
9 Tempat Wisata di Jawa Timur Paling Hits untuk Liburan MONITOR

Kota Wisata di Jawa Timur

Temukan Keindahan Jawa Timur Lewat Destinasi Wisata

Jawa Timur memiliki banyak kota wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kota-kota sejarah hingga wisata alam yang menakjubkan. Berikut adalah ulasan tentang beberapa kota wisata di Jawa Timur yang patut dikunjungi.

Malang

Malang adalah salah satu kota wisata terbesar di Jawa Timur. Terdapat banyak destinasi wisata di Malang, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam yang menakjubkan. Salah satu wisata sejarah yang terkenal di Malang adalah Taman Miniature Kota Tua, yang merupakan museum miniatur dari kotatua Malang. Untuk wisata alam, Coban Rondo dan Gunung Bromo menjadi pilihan yang populer di kalangan wisatawan.

Kelebihan dari wisata di Malang adalah banyaknya pilihan tempat wisata yang tersedia. Namun, kekurangannya adalah kemacetan yang terjadi di beberapa kawasan wisata.

Batu

Batu adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata edukasi dan keluarga. Terdapat banyak tempat wisata edukasi di Batu, seperti Jatim Park dan Museum Angkut. Selain itu, Batu juga memiliki wisata alam yang menakjubkan, seperti Coban Talun dan Paralayang Batu.

Kelebihan dari wisata di Batu adalah banyaknya tempat wisata edukasi yang cocok untuk keluarga. Namun, kekurangannya adalah harga tiket masuk yang cukup mahal di beberapa tempat wisata.

Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar di Jawa Timur dan menjadi pusat perdagangan dan bisnis di wilayah ini. Namun, Surabaya juga memiliki destinasi wisata yang menarik, seperti Monumen Kapal Selam dan Masjid Cheng Ho. Selain itu, Surabaya juga dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat, seperti sate klopo dan lontong balap.

Kelebihan dari wisata di Surabaya adalah banyaknya pilihan kuliner yang lezat dan murah. Namun, kekurangannya adalah kawasan wisata yang kurang teratur dan banyaknya sampah di beberapa tempat wisata.

Probolinggo

Probolinggo adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Gunung Bromo dan Pantai Pasir Putih. Selain itu, Probolinggo juga memiliki wisata sejarah yang menarik, seperti Candi Jabung dan Museum Probolinggo.

Kelebihan dari wisata di Probolinggo adalah keindahan alamnya yang menakjubkan. Namun, kekurangannya adalah akses yang sulit menuju beberapa tempat wisata dan harga tiket masuk yang cukup mahal di beberapa tempat.

Banyuwangi

Banyuwangi adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Selain itu, Banyuwangi juga memiliki wisata budaya yang menarik, seperti Festival Gandrung dan Tradisi Sembahyang Petik Laut.

Kelebihan dari wisata di Banyuwangi adalah keindahan alamnya yang menakjubkan dan keunikan budayanya. Namun, kekurangannya adalah akses yang sulit menuju beberapa tempat wisata dan kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat.

Jember

Jember adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Pantai Papuma dan Air Terjun Tancak. Selain itu, Jember juga memiliki wisata budaya yang menarik, seperti Festival Jazz Jember dan Museum Tembakau.

Kelebihan dari wisata di Jember adalah keindahan alamnya yang menakjubkan dan keunikan budayanya. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Tulungagung

Tulungagung adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Air Terjun Coban Pelangi dan Goa Putri. Selain itu, Tulungagung juga memiliki wisata budaya yang menarik, seperti Museum Wayang dan Tradisi Larung Sesaji.

Kelebihan dari wisata di Tulungagung adalah keindahan alamnya yang menakjubkan dan keunikan budayanya. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Pacitan

Pacitan adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Pantai Teleng Ria dan Goa Gong. Selain itu, Pacitan juga memiliki wisata budaya yang menarik, seperti Festival Lembah Arung Jeram dan Tradisi Larung Sesaji.

Kelebihan dari wisata di Pacitan adalah keindahan alamnya yang menakjubkan dan keunikan budayanya. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Trenggalek

Trenggalek adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan, seperti Air Terjun Coban Pelangi dan Pantai Prigi. Selain itu, Trenggalek juga memiliki wisata budaya yang menarik, seperti Museum Kayu Khas Trenggalek dan Tradisi Rebo Punggur.

Kelebihan dari wisata di Trenggalek adalah keindahan alamnya yang menakjubkan dan keunikan budayanya. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Blitar

Blitar adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata sejarahnya, seperti Makam Bung Karno dan Candi Penataran. Selain itu, Blitar juga memiliki wisata alam yang menakjubkan, seperti Pantai Serang dan Coban Rondo.

Kelebihan dari wisata di Blitar adalah banyaknya tempat wisata sejarah yang menarik. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Kediri

Kediri adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata sejarahnya, seperti Candi Puh Sarang dan Museum Soedjono Prawirodirdjo. Selain itu, Kediri juga memiliki wisata alam yang menakjubkan, seperti Air Terjun Kedung Pedut dan Gunung Kelud.

Kelebihan dari wisata di Kediri adalah banyaknya tempat wisata sejarah yang menarik. Namun, kekurangannya adalah kurangnya fasilitas pendukung di beberapa tempat wisata dan akses yang sulit menuju beberapa tempat.

Madiun

Madiun adalah kota wisata yang terkenal dengan wisata sejarahnya, seperti Keraton Sumenep dan Candi Kedung Lumbu. Selain