Desa Wisata Terbaik Di Indonesia

Desa Wisata Terbaik Di Indonesia
SFIDN FITS Blog 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang beragam. Tak hanya wisata pantai atau gunung, namun wisata desa juga menjadi salah satu objek wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional. Desa wisata menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin merasakan suasana pedesaan yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota.

Desa Wisata di Indonesia

Berikut adalah beberapa desa wisata terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi:

1. Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta

Nglanggeran merupakan desa wisata yang terletak di lereng Gunung Api Purba Nglanggeran. Desa ini menawarkan keindahan alam yang memukau, seperti sawah hijau yang luas, perkebunan kopi, dan juga keindahan alam pegunungan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas trekking atau hiking ke puncak gunung Nglanggeran dan menikmati pemandangan yang spektakuler dari ketinggian.

Kelebihan dari desa wisata Nglanggeran adalah suasana pedesaannya yang masih asri dan tenang. Namun, kekurangannya adalah akses menuju desa ini masih sulit karena jalan yang berkelok-kelok dan menanjak.

2. Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul

Mangunan merupakan desa wisata yang terletak di Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, seperti kebun anggrek, perkebunan teh, dan pemandangan sunrise yang menakjubkan dari ketinggian. Wisatawan juga bisa menikmati suasana pedesaan yang masih asri dan tradisional.

Kelebihan dari desa wisata Mangunan adalah pemandangan sunrise yang spektakuler dan suasana pedesaan yang masih tradisional. Namun, kekurangannya adalah akses menuju desa ini sulit karena jalan yang sempit dan berkelok-kelok.

3. Desa Wisata Sampireun, Garut

Sampireun merupakan desa wisata yang terletak di Garut, Jawa Barat. Desa ini menawarkan keindahan alam yang asri, seperti danau yang tenang, perkebunan teh, dan juga keindahan alam pegunungan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati suasana pedesaan yang masih tradisional dan khas Sunda.

Kelebihan dari desa wisata Sampireun adalah suasana pedesaannya yang masih asri dan tradisional. Namun, kekurangannya adalah harga penginapan yang cukup mahal.

Kegiatan di Desa Wisata

Di desa wisata, wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menarik, seperti:

  1. Trekking atau hiking ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan yang spektakuler
  2. Bersepeda mengelilingi desa untuk menikmati keindahan alam dan pedesaan yang masih asri
  3. Belajar tentang budaya dan tradisi lokal di desa tersebut
  4. Menikmati kuliner khas desa yang lezat dan unik
  5. Berinteraksi dengan masyarakat lokal untuk memperkaya pengalaman wisata

Dengan melakukan aktivitas tersebut, wisatawan dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan dan juga memperkaya pengetahuan tentang kebudayaan dan kearifan lokal.

Wahana di Sekitar Desa Wisata

Tak hanya keindahan alam dan budaya yang menjadi daya tarik di desa wisata, namun juga adanya wahana-wahana yang menarik di sekitar desa tersebut. Beberapa wahana yang bisa kamu temukan di sekitar desa wisata antara lain:

  • Waterpark atau taman air yang menyajikan berbagai macam wahana air yang menyenangkan
  • Taman rekreasi yang menawarkan berbagai macam wahana permainan yang seru dan menantang
  • Tempat wisata sejarah atau museum yang memperkenalkan tentang sejarah dan budaya lokal
  • Kompleks olahraga yang menyajikan berbagai macam fasilitas olahraga yang lengkap
  • Pusat perbelanjaan atau pasar tradisional yang menjual berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas desa tersebut

Kesimpulan

Desa wisata menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional karena menawarkan keindahan alam dan budaya yang beragam. Beberapa desa wisata terbaik di Indonesia yang wajib kamu kunjungi antara lain Nglanggeran, Mangunan, dan Sampireun. Di desa wisata, wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menarik, seperti trekking, bersepeda, belajar tentang budaya dan tradisi lokal, menikmati kuliner khas desa, dan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Selain itu, di sekitar desa wisata juga terdapat wahana-wahana menarik yang bisa kamu kunjungi. Nikmati pengalaman yang tak terlupakan di desa wisata terbaik di Indonesia.