Rahasia Kuliner Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel yang Bikin Nagih

ayam kampung goreng mbah karto tembel

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel adalah kuliner khas Yogyakarta yang terkenal dengan kelezatannya. Hidangan ini terbuat dari ayam kampung yang digoreng dengan bumbu rempah-rempah tradisional hingga berwarna kecoklatan dan renyah. Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis, serta dihidangkan dengan sambal dan lalapan.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Yogyakarta karena kelezatan dan keunikan rasanya. Hidangan ini sering disajikan pada acara-acara khusus seperti hajatan, kenduri, dan pertemuan keluarga. Selain itu, ayam kampung goreng mbah Karto Tembel juga banyak dijumpai di warung-warung makan dan rumah makan di Yogyakarta.

Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan kuliner legendaris Yogyakarta yang memiliki cita rasa dan kekhasan tersendiri. Berikut ini adalah 10 aspek penting yang terkait dengan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel:

  • Ayam kampung: Menggunakan ayam kampung asli yang dipelihara secara tradisional.
  • Goreng: Dimasak dengan cara digoreng hingga berwarna kecoklatan dan renyah.
  • Bumbu rempah: Menggunakan bumbu rempah-rempah tradisional yang khas.
  • Gurih: Memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit asin.
  • Pedas: Terdapat sensasi pedas yang berasal dari penggunaan cabai.
  • Manis: Ada sedikit rasa manis yang berasal dari penggunaan gula jawa.
  • Sambal: Selalu disajikan dengan sambal untuk menambah cita rasa.
  • Lalapan: Biasanya disajikan dengan lalapan seperti mentimun, kemangi, dan kol.
  • Legendaris: Merupakan kuliner yang sudah ada sejak lama dan memiliki banyak penggemar.
  • Yogyakarta: Hidangan khas yang berasal dari Yogyakarta.

Kesepuluh aspek tersebut saling terkait dan membentuk keunikan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Cita rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis menjadikannya kuliner yang digemari banyak orang. Selain itu, penggunaan ayam kampung asli dan bumbu rempah-rempah tradisional membuat hidangan ini memiliki nilai kuliner yang tinggi. Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel telah menjadi ikon kuliner Yogyakarta dan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Ayam kampung: Menggunakan ayam kampung asli yang dipelihara secara tradisional.

Ayam kampung merupakan bahan utama dalam pembuatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Ayam kampung yang digunakan adalah ayam kampung asli yang dipelihara secara tradisional, yaitu diumbar di pekarangan rumah dan diberi makan alami seperti dedak, jagung, dan sayuran.

  • Cita rasa: Ayam kampung asli memiliki cita rasa yang lebih gurih dan firm dibandingkan dengan ayam potong atau ayam broiler. Hal ini karena ayam kampung dipelihara dengan cara yang alami dan memiliki waktu yang lebih lama untuk tumbuh dan berkembang.
  • Tekstur: Daging ayam kampung lebih alot dan memiliki tekstur yang lebih berserat dibandingkan dengan ayam potong. Hal ini karena ayam kampung memiliki lebih banyak aktivitas fisik dan otot yang lebih kuat.
  • Nilai gizi: Ayam kampung memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam potong. Ayam kampung mengandung lebih banyak protein, vitamin, dan mineral.
  • Kesehatan: Ayam kampung dipelihara secara tradisional tanpa menggunakan antibiotik atau hormon pertumbuhan. Hal ini membuat ayam kampung lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Penggunaan ayam kampung asli yang dipelihara secara tradisional dalam pembuatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memberikan cita rasa, tekstur, nilai gizi, dan kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan jika menggunakan ayam potong atau ayam broiler.

Goreng: Dimasak dengan cara digoreng hingga berwarna kecoklatan dan renyah.

Proses menggoreng merupakan salah satu aspek penting dalam pembuatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Menggoreng ayam kampung dengan cara yang tepat akan menghasilkan ayam goreng yang renyah di luar dan empuk di dalam.

Penggorengan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dilakukan dengan menggunakan minyak goreng yang banyak dan panas. Ayam kampung yang sudah dibumbui dimasukkan ke dalam minyak panas dan digoreng hingga berwarna kecoklatan dan renyah. Proses penggorengan ini membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit, tergantung dari ukuran ayam kampung yang digunakan.

Proses menggoreng ayam kampung goreng mbah Karto Tembel tidak hanya bertujuan untuk membuat ayam menjadi renyah, tetapi juga untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa yang khas. Bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel akan meresap ke dalam daging ayam saat digoreng, sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel yang digoreng dengan cara yang tepat akan memiliki tekstur yang renyah di luar dan empuk di dalam. Tekstur renyah pada kulit ayam goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu ciri khas dari kuliner ini dan digemari oleh banyak orang.

Bumbu rempah: Menggunakan bumbu rempah-rempah tradisional yang khas.

Bumbu rempah-rempah memegang peranan penting dalam pembuatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Bumbu rempah-rempah yang digunakan merupakan bumbu rempah-rempah tradisional yang khas dan memberikan cita rasa yang unik pada hidangan ini.

Bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, dan kemiri. Bumbu rempah-rempah ini dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Ayam kampung yang sudah dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam bumbu rempah-rempah dan dimasak hingga bumbu meresap.

Penggunaan bumbu rempah-rempah tradisional dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memberikan cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis. Bumbu rempah-rempah ini tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Kunyit, misalnya, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, sedangkan ketumbar dapat membantu melancarkan pencernaan.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel yang dibuat dengan bumbu rempah-rempah tradisional tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Bumbu rempah-rempah yang digunakan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Gurih: Memiliki Cita Rasa yang Gurih dan Sedikit Asin

Cita rasa gurih merupakan salah satu ciri khas ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Cita rasa gurih ini berasal dari penggunaan bumbu rempah-rempah tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, dan kemiri. Bumbu rempah-rempah ini dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Ayam kampung yang sudah dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam bumbu rempah-rempah dan dimasak hingga bumbu meresap.

  • Penggunaan Garam: Selain dari bumbu rempah-rempah, penggunaan garam juga turut memberikan cita rasa gurih pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Garam ditambahkan dalam jumlah yang tepat agar cita rasa gurihnya seimbang dan tidak berlebihan.
  • Proses Penggorengan: Proses penggorengan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel juga berpengaruh pada cita rasa gurihnya. Ayam kampung yang digoreng dengan cara yang tepat akan menghasilkan kulit yang garing dan berwarna kecoklatan. Kulit yang garing ini akan memberikan sensasi gurih yang khas.
  • Tekstur Daging: Tekstur daging ayam kampung yang empuk dan juicy juga berkontribusi pada cita rasa gurihnya. Ketika dikunyah, daging ayam kampung goreng mbah Karto Tembel akan memberikan sensasi gurih yang berpadu dengan cita rasa bumbu rempah-rempah.
  • Penyajian: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan. Sambal dan lalapan ini dapat menambah cita rasa gurih pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Sambal memberikan sensasi pedas yang dapat mengimbangi cita rasa gurihnya, sedangkan lalapan memberikan kesegaran dan sedikit rasa manis.

Cita rasa gurih yang dimiliki ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu daya tarik utama hidangan ini. Cita rasa gurihnya yang seimbang, dipadukan dengan tekstur daging yang empuk dan juicy, membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel digemari oleh banyak orang.

Pedas: Terdapat Sensasi Pedas yang Berasal dari Penggunaan Cabai

Sensasi pedas merupakan salah satu ciri khas ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Sensasi pedas ini berasal dari penggunaan cabai dalam bumbu rempah-rempah yang digunakan. Cabai yang digunakan biasanya adalah cabai rawit merah atau cabai merah besar. Jumlah cabai yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera, sehingga rasa pedasnya dapat disesuaikan.

  • Jenis Cabai: Jenis cabai yang digunakan dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dapat mempengaruhi tingkat kepedasannya. Cabai rawit merah biasanya lebih pedas dibandingkan dengan cabai merah besar. Pemilihan jenis cabai dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing.
  • Jumlah Cabai: Jumlah cabai yang digunakan juga berpengaruh pada tingkat kepedasan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Semakin banyak cabai yang digunakan, maka cita rasa pedasnya akan semakin kuat. Penambahan cabai dilakukan secara bertahap sambil dicicipi, agar tingkat kepedasannya sesuai dengan selera.
  • Penggilingan Cabai: Cara penggilingan cabai juga dapat mempengaruhi sensasi pedasnya. Cabai yang digiling halus akan menghasilkan sensasi pedas yang lebih kuat dibandingkan dengan cabai yang digiling kasar. Pemilihan cara penggilingan cabai dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing.
  • Penyajian: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel biasanya disajikan dengan sambal. Sambal ini dapat menambah sensasi pedas pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Sambal yang digunakan biasanya adalah sambal bawang atau sambal terasi.

Sensasi pedas pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memberikan cita rasa yang khas dan digemari oleh banyak orang. Sensasi pedas ini dapat menggugah selera makan dan memberikan sensasi hangat di tubuh. Selain itu, cabai juga memiliki manfaat kesehatan, seperti mengandung vitamin C dan antioksidan.

Manis: Ada sedikit rasa manis yang berasal dari penggunaan gula jawa.

Rasa manis pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel berasal dari penggunaan gula jawa dalam bumbu rempah-rempahnya. Gula jawa memberikan cita rasa manis yang khas dan seimbang, sehingga tidak mendominasi rasa gurih dan pedas yang menjadi ciri khas hidangan ini.

Penggunaan gula jawa dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menyeimbangkan Rasa: Rasa manis dari gula jawa berfungsi untuk menyeimbangkan rasa gurih dan pedas pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Gula jawa akan mengurangi rasa gurih yang berlebihan dan membuat cita rasa pedas menjadi lebih.
  • Menambah Cita Rasa: Gula jawa menambahkan cita rasa manis yang khas pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Rasa manis ini akan membuat hidangan ini lebih menggugah selera dan digemari oleh banyak orang.
  • Membentuk Karamelisasi: Ketika ayam kampung goreng mbah Karto Tembel digoreng, gula jawa akan mengalami karamelisasi dan menghasilkan warna kecoklatan pada kulit ayam. Proses karamelisasi ini memberikan cita rasa dan aroma yang khas pada hidangan ini.

Penggunaan gula jawa dalam ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu faktor penting yang membuat hidangan ini digemari oleh banyak orang. Rasa manis yang seimbang dan khas dari gula jawa memberikan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Sambal: Selalu disajikan dengan sambal untuk menambah cita rasa.

Sambal merupakan salah satu komponen penting dalam penyajian ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Sambal berfungsi untuk menambah cita rasa dan membuat hidangan ini semakin nikmat.

  • Menambah Cita Rasa Pedas: Sambal memberikan sensasi pedas yang dapat menggugah selera makan dan menambah kelezatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Tingkat kepedasan sambal dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Memberikan Cita Rasa Gurih: Selain rasa pedas, sambal juga memberikan cita rasa gurih pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Gurihnya sambal berasal dari penggunaan bahan-bahan seperti terasi, bawang merah, dan bawang putih.
  • Menambah Aroma: Aroma sambal yang khas dapat menambah pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Aroma ini berasal dari penggunaan bahan-bahan seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan dan ditumis.
  • Memberikan Kesegaran: Sambal juga memberikan kesegaran pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Kesegaran ini berasal dari penggunaan bahan-bahan seperti tomat, jeruk limau, dan kemangi.

Kehadiran sambal dalam penyajian ayam kampung goreng mbah Karto Tembel tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga memberikan sensasi yang lebih lengkap dan nikmat. Sambal telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidangan ini dan menjadi salah satu faktor yang membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel digemari oleh banyak orang.

Lalapan: Biasanya disajikan dengan lalapan seperti mentimun, kemangi, dan kol.

Lalapan merupakan salah satu pelengkap yang sering disajikan bersama ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Lalapan berfungsi untuk menambah cita rasa, kesegaran, dan nilai gizi pada hidangan ini.

  • Menambah Cita Rasa dan Kesegaran: Lalapan memberikan cita rasa segar dan sedikit pahit pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Kesegaran ini berasal dari penggunaan bahan-bahan seperti mentimun, kemangi, dan kol yang kaya akan air dan serat.
  • Memberikan Tekstur: Lalapan memberikan tekstur renyah dan sedikit kasar pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Tekstur ini memberikan sensasi yang berbeda dan membuat hidangan ini lebih nikmat.
  • Menambah Nilai Gizi: Lalapan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Mentimun, kemangi, dan kol mengandung vitamin C, vitamin K, dan serat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.
  • Menyeimbangkan Rasa: Lalapan dapat membantu menyeimbangkan rasa gurih dan pedas pada ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Kesegaran dan sedikit pahit pada lalapan akan mengurangi rasa gurih yang berlebihan dan membuat cita rasa pedas menjadi lebih.

Kehadiran lalapan dalam penyajian ayam kampung goreng mbah Karto Tembel tidak hanya menambah cita rasa dan kesegaran, tetapi juga memberikan nilai gizi dan membuat hidangan ini lebih lengkap dan nikmat. Lalapan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidangan ini dan menjadi salah satu faktor yang membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel digemari oleh banyak orang.

Legendaris: Merupakan kuliner yang sudah ada sejak lama dan memiliki banyak penggemar.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan kuliner legendaris Yogyakarta yang sudah ada sejak lama dan memiliki banyak penggemar. Hidangan ini telah menjadi bagian dari khazanah kuliner Yogyakarta dan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

  • Konsistensi Rasa: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki cita rasa yang konsisten sejak dulu, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa hidangan ini tetap digemari oleh banyak orang.
  • Resep Turun-temurun: Resep ayam kampung goreng mbah Karto Tembel diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga cita rasa dan kualitasnya tetap terjaga.
  • Pengalaman Kuliner: Menyantap ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memberikan pengalaman kuliner yang unik dan berkesan, karena hidangan ini sudah menjadi bagian dari identitas kuliner Yogyakarta.
  • Nilai Sejarah: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki nilai sejarah yang panjang, hidangan ini telah menjadi bagian dari perjalanan kuliner Yogyakarta dan menjadi saksi perkembangan kota ini.

Keberadaan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel yang legendaris tidak hanya memberikan cita rasa yang nikmat, tetapi juga menjadi bagian dari warisan kuliner Yogyakarta yang patut dijaga dan dilestarikan.

Yogyakarta: Hidangan khas yang berasal dari Yogyakarta.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan hidangan khas yang berasal dari Yogyakarta. Kota Yogyakarta dikenal sebagai salah satu pusat kuliner di Indonesia, dengan berbagai macam hidangan tradisional yang menggugah selera. Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu kuliner yang menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Yogyakarta.

Ada beberapa faktor yang membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi hidangan khas Yogyakarta. Pertama, hidangan ini menggunakan bahan-bahan lokal yang mudah ditemukan di Yogyakarta, seperti ayam kampung dan bumbu rempah-rempah tradisional. Kedua, proses pembuatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel mengikuti tradisi dan resep turun-temurun yang telah diwariskan selama generations.

Selain itu, ayam kampung goreng mbah Karto Tembel juga memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari hidangan ayam goreng lainnya. Cita rasa gurih, pedas, dan manis yang berpadu harmonis membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel digemari oleh masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Keberadaan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel sebagai hidangan khas Yogyakarta tidak hanya memberikan cita rasa yang nikmat, tetapi juga menjadi bagian dari identitas kuliner dan budaya kota ini. Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Yogyakarta dan menjadi oleh-oleh yang khas untuk dibawa pulang.

Tips dan Saran Mengenai Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan kuliner legendaris Yogyakarta yang memiliki cita rasa khas dan banyak penggemar. Bagi Anda yang ingin menikmati kelezatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel, berikut ini beberapa tips dan saran yang dapat diikuti:

Tips dan Saran 1: Kunjungi warung makan yang terkenal

Ada banyak warung makan di Yogyakarta yang menyajikan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel. Namun, untuk mendapatkan cita rasa yang otentik dan berkualitas, disarankan untuk mengunjungi warung makan yang terkenal dan sudah memiliki banyak pelanggan.

Tips dan Saran 2: Datang pada waktu yang tepat

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel biasanya disajikan pada waktu makan siang dan malam. Untuk menghindari kehabisan, disarankan untuk datang pada waktu-waktu tersebut, terutama pada saat jam makan siang.

Tips dan Saran 3: Nikmati dengan sambal dan lalapan

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan. Sambal dan lalapan ini dapat menambah cita rasa dan membuat hidangan ini lebih nikmat.

Tips dan Saran 4: Sesuaikan dengan selera

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki cita rasa yang khas, yaitu gurih, pedas, dan manis. Namun, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Jika Anda tidak terlalu suka pedas, Anda dapat meminta sambal yang tidak terlalu pedas atau tidak menggunakan sambal sama sekali.

Tips dan Saran 5: Bawa pulang sebagai oleh-oleh

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Biasanya, warung makan yang menyajikan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menyediakan layanan pembungkusan untuk dibawa pulang.

Dengan mengikuti tips dan saran di atas, Anda dapat menikmati kelezatan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel secara maksimal. Hidangan ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Kelebihan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel terletak pada cita rasanya yang khas dan otentik. Namun, kelemahannya adalah hidangan ini biasanya mengandung banyak minyak dan lemak.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi warung makan yang menyajikan ayam kampung goreng mbah Karto Tembel untuk menikmati kelezatannya. Selain itu, Anda juga dapat membeli ayam kampung goreng mbah Karto Tembel sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan kuliner legendaris Yogyakarta yang banyak digemari masyarakat. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang ayam kampung goreng mbah Karto Tembel beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa yang membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel berbeda dari ayam goreng lainnya?

Jawaban: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki cita rasa yang khas, yaitu gurih, pedas, dan manis. Cita rasa ini berasal dari penggunaan bumbu rempah-rempah tradisional dan teknik penggorengan yang tepat.

Pertanyaan 2: Di mana saja bisa menikmati ayam kampung goreng mbah Karto Tembel?

Jawaban: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dapat dinikmati di berbagai warung makan di Yogyakarta, terutama di kawasan pusat kota seperti Jalan Malioboro dan Jalan Solo.

Pertanyaan 3: Berapa harga satu porsi ayam kampung goreng mbah Karto Tembel?

Jawaban: Harga satu porsi ayam kampung goreng mbah Karto Tembel bervariasi tergantung warung makan dan ukuran porsi. Biasanya berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000.

Pertanyaan 4: Apakah ayam kampung goreng mbah Karto Tembel aman dikonsumsi?

Jawaban: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel aman dikonsumsi karena menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan diolah dengan cara yang higienis. Namun, perlu diperhatikan bahwa hidangan ini mengandung minyak dan lemak yang cukup tinggi, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Pertanyaan 5: Apakah ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dapat dinikmati oleh semua orang?

Jawaban: Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel dapat dinikmati oleh semua orang, kecuali bagi mereka yang memiliki alergi terhadap ayam atau bumbu rempah-rempah tertentu.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel sendiri di rumah?

Jawaban: Untuk membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel sendiri di rumah, Anda dapat mengikuti resep dan tips yang banyak tersedia di internet atau buku-buku resep masakan.

Dengan mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan tersebut, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang ayam kampung goreng mbah Karto Tembel.

Kesimpulan

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel merupakan kuliner legendaris Yogyakarta yang memiliki cita rasa khas dan banyak digemari masyarakat. Hidangan ini menggunakan ayam kampung asli yang dipelihara secara tradisional dan diolah dengan bumbu rempah-rempah tradisional yang khas.

Ayam kampung goreng mbah Karto Tembel memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan sedikit manis, serta disajikan dengan sambal dan lalapan. Keunikan rasa dan proses pembuatannya membuat ayam kampung goreng mbah Karto Tembel menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Yogyakarta. Hidangan ini juga dapat menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta yang dapat dibawa pulang.

Youtube Video: